Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Pembangunan Rusun buat ASN di IKN Ditargetkan Rampung 2024

Pembangunan rumah susun (rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Hankam di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dilakukan dan ditargetkan rampung 2024.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 September 2023  |  07:50 WIB
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Pembangunan rumah susun (rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Hankam di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dilakukan dan ditargetkan rampung 2024.

Direktur Jenderal Perumahan sebagai Wakil Ketua KKBG Iwan Suprijanto menjelaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG) telah melaksanakan rapat lanjutan pembahasan pembangunan 47 tower rusun ASN dan Hankam di KIPP IKN.

Saat ini, paparnya, pembangunan sudah memasuki tahapan  pembuktian  tanggung jawab Penyedia Jasa dalam merencanakan hunian yang layak bagi para personil ASN dan Hankam yang akan dipindahkan  mulai  2024  ke-depan.

“Saya menghimbau dalam pembangunan rusun ASN-hankam di IKN ini, rekan-rekan penyedia jasa perlu merencanakan strategi yang tepat agar terhindar dari risiko-risiko yang dapat mengganggu target penyelesaian di tahun 2024 dapat tercapai dengan baik,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (16/9/2023).

Iwan juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat Presiden RI akan mengunjungi IKN bersama dengan sejumlah influencer, dan berharap dapat menciptakan narasi positif tentang pembangunan rusun ASN dan Hankam ini.

“Harapannya dengan adanya narasi positif pembangunan 47 menara ini agar Masyarakat mengetahui bahwa pembangunan ini betul-betul terlaksana dan bukan hanya diatas kertas saja,” tuturnya.

Selanjutnya, perlu adanya sinkronisasi dengan bidang lain, seperti pengolahan sanitasi, persampahan, bisa terkoneksi, harus bisa berkoordinasi dan saling bersinergi serta tetap menjalin keserasian dengan alam.

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk menciptakan bangunan Gedung dan perumahan yang smart dan dapat digunakan serta dimanfaatkan secara smart juga.

Sebagai informasi, rencananya 47 tower Rusun ASN dan Hankam akan tersebar di area Sub WP-1A KIPP-IKN dengan rincian pembangunan hunian untuk POLRI dan BIN sejumlah  masing-masing 4 tower dan 3 tower dilaksanakan oleh KSO Adhi-Nindya-Wiratman berada di Kawasan East Precinct, pembangunan hunian untuk Paspampres sejumlah 9 Tower dilaksanakan oleh PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung berada di Kawasan Hankam Precinct, dan pembangunan hunian  untuk  ASN  sejumlah  20  tower yang dilaksanakan oleh PP-Urban-Jaya Konstruksi KSO (Rusun ASN 1), PT. Hutama Karya (Rusun ASN 2), PT. Waskita Karya (Rusun ASN 3), Abipraya-Deta KSO (Rusun ASN 4) berada  di Kawasan West Residence dan 11 tower berada di Kawasan Precinct Core.

Kemudian, Manajemen Konstruksi Rusun ASN 1-2 dilaksanakan oleh PT. Wiratman Cipta Manggala KSO, PT Pola Teknik Konsultan, PT. Bangun Sejajar Prima, dan Manajemen Konstruksi Rusun ASN 3-4 dilaksanakan oleh PT. CEC KSO, serta PT. CCM-PT. ARETAS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN Badan Otorita IKN rusun rusunawa ibukota ASN pns CPNS
Editor : Pandu Gumilar

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top