Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Negara dengan Utang Terbanyak, Hampir Semua Negara Maju

Utang merupakan hal yang biasa dilakukan bahkan oleh sebuah negara. Berikut ini sejumlah negara dengan utang terbanyak di dunia.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 26 September 2022  |  15:34 WIB
7 Negara dengan Utang Terbanyak, Hampir Semua Negara Maju (pexels)
7 Negara dengan Utang Terbanyak, Hampir Semua Negara Maju (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak yang mengira bahwa, negara dengan hutang terbanyak yaitu negara berkembang saja. Padahal, sejatinya setiap negara pasti berhutang. Yang lebih mencengangkan lagi, banyak negara maju yang justru memiliki banyak utang. 

Lantas, negara mana sajakah yang memiliki hutang terbanyak di dunia? Menurut World Population berikut daftar negara utang terbanyak di dunia. 

Daftar Negara Utang Terbanyak 

1. Spanyol

Negara pertama yang masuk ke dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia yaitu ada negara Spanyol. Negara yang berbatasan dengan kawasan Eropa Barat Daya ini merupakan ternyata memiliki utang yang tidak sedikit. 

Negara Spanyol ternyata terlilit hutang sebesar 95,54% dari PDB. Angka tersebut apabila diperkirakan dapat mencapai USD 1,24 triliun atau sama saja dengan EUR 1,09 triliun.

Selain diketahui memiliki banyak utang, Spanyol juga diketahui memiliki wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang cukup banyak. Luas wilayah Spanyol mencapai 505.990 km2 yang menjadikan negara terbesar kedua yang ada di Uni Eropa. Sementara itu, populasi penduduk yang dimiliki oleh negara ini yaitu 47.558.630 penduduk. 

2. Amerika Serikat

Utang negara terbesar di dunia selanjutnya yaitu ada Amerika Serikat. Negara ini merupakan negara yang terkenal sebagai negara termaju yang ada di dunia. Bahkan negara ini juga punya pengaruh yang sangat besar terhadap negara lainnya. 

Hingga kini, negara tersebut juga masih sangat konsisten dalam mempengaruhi negara lainnya. Tapi siapa sangka, jika ternyata negara ini punya hutang besar yaitu USD 19,23 triliun. 

3. Belgia

Negara dengan utang terbanyak berikutnya yaitu Belgia. Negara yang berada di  Eropa Barat ini memiliki utang mencapai EUR 399,5 miliar atau setara dengan USD 456,18. Selain nominal utang yang besar, Belgia juga memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak. Populasi penduduk yang dimiliki oleh negara Belgia mencapai 11,65 juta penduduk. 

4. Siprus

Negara selanjutnya yang memiliki utang terbesar di dunia yaitu negara Siprus dengan jumlah hutang mencapai USD 21,64 miliar atau sama dengan 18,95 miliar EUR. Populasi penduduknya yaitu 1,25 juta jiwa dan angka tersebut termasuk 91,08% dari PDB negara tersebut. 

5. Bhutan

Negara kelima yang termasuk ke dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia yaitu ada negara Bhutan. Negara ini masuk dalam kawasan Asia Selatan dan menjadi negara yang memiliki utang terbanyak di Asia. Populasi penduduk dari negara Bhutan sekitar 782.455 jiwa dengan utang nasional sebesar 2,33 miliar USD atau sudah mencapai 106,49% PDB.

6. Italia

Negara selanjutnya yang memiliki hutang terbesar di dunia yaitu ada negara Italia. Negara ini terletak di tengah laut Mediterania yaitu Daerah Eropa Selatan dan berbatasan langsung dengan negara Prancis, Slovenia, Austria, dan beberapa negara lainnya. Negara ini memiliki populasi penduduk sekitar 59,03 juta penduduk dan memiliki utang sebesar 104,4% PDB atau mencapai 2,48 triliun USD yang setara dengan 2,17 triliun EUR.

7. Portugal

Negara dengan utang terbanyak berikutnya selanjutnya yaitu negara Portugal. Negara ini memiliki hutang sebesar 264 miliar USD atau sekitar 232 miliar EUR. Jika dibandingkan dengan PDB negara ini, angka utang tersebut setara dengan 116,61% PDB. 

Itulah 7 negara dengan utang terbesar di dunia dan ternyata negara-negara maju juga masuk ke dalam daftar negara dengan utang terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara utang utang negara sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top