Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Makna, dan Sejarah Lambang Negara Indonesia 

Setiap negara memiliki lambang negaranya masing-masing. Lambang negara Indonesia yaitu garuda Pancasila. Berikut penjelasan artinya lambang tersebut.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 15 September 2022  |  20:32 WIB
Makna Lambang Negara Indonesia yang Wajib Dipahami - pixabay
Makna Lambang Negara Indonesia yang Wajib Dipahami - pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila yang memiliki 5 perisai dan tiap perisai melambangkan masing-masing sila Pancasila. Berikut ini merupakan arti dari lambang Pancasila yang perlu diketahui.

Arti Lambang Negara Indonesia

Lambang negara Indonesia terdiri dari kumpulan ikon yang memiliki makna dan arti tersurat maupun tersirat. Burung garuda melambangkan kekuatan dan juga gerak yang dinamis. 

Hal tersebut terlihat dari sayap burung garuda yang mengembang yang menandakan bahwa burung tersebut siap terbang ke angkasa. Sayap burung garuda yang mengembang dan siap terbang juga melambangkan dinamika serta semangat dalam menjunjung tinggi nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  • Warna Emas

Warna emas dari burung garuda melambangkan sebuah keagungan. Negara Indonesia senantiasa menjunjung tinggi martabat dari bangsa yang bersifat luhur dan Agung.

  • Cengkraman kaki burung garuda

Pada lambang burung garuda kedua kaki mencengkram kokoh pita putih dengan tulisan seloka berbunyi Bhinneka Tunggal Ika. Saloka ini merupakan karangan dari Empu Tantular yang diambil dari kitab Sutasoma.

Arti dari Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi satu jua. Bhineka Tunggal Ika merupakan slogan kekuatan bangsa Indonesia. Adanya slogan tersebut menggambarkan bangsa Indonesia memiliki berbagai perbedaan diantaranya perbedaan agama, suku, budaya dan sebagainya namun tetap satu tujuan. 

  • Jumlah Bulu

Burung garuda yang ada pada lambang Indonesia memiliki jumlah bulu yang ada kaitannya dengan kelahiran Negara Republik Indonesia. Jumlah bulu pada sayap kanan dan kiri masing-masing 17 helai yang menunjukkan tanggal 17.

Bulu ekor dari burung garuda memiliki jumlah 8 helai yang menunjukkan arti bulan 8 atau bulan Agustus. Kalung perisai yang menghubungkan dengan ekor terdapat bulu di bagian bawahnya yang berjumlah 19 dan juga bulu di bagian leher yang berjumlah 45. Jumlah tersebut menunjukkan tahun dari kemerdekaan Indonesia yaitu 1945.

Jumlah bulu yang berkaitan dengan angka ini tentu saja memiliki makna historis untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia. Selain itu, makna lambang negara Indonesia ini juga sebagai pengingat atas tanggal penting bagi bangsa Indonesia. 

  • Perisai

Perisai merupakan lambang perjuangan serta perlindungan yang sering dibawa ke medan perang. Bagi prajurit perisai digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh pada saat perang terjadi.

Garis melintang ini merupakan ruang atas dan bawah yang melambangkan garis khatulistiwa. Garis ini memang membelah kepulauan. Perisai sebagai lambang perjuangan dan juga perlindungan tersebut terbagi atas 5 bagian dan masing-masing bagian melambangkan sila dalam Pancasila.

Adapun lambang yang ada di perisai Garuda Pancasila, seperti berikut. 

  • Lambang bintang untuk lambang sila pertama menggambarkan sebuah cahaya. Cahaya ini seperti cahaya Ilahi dari Tuhan untuk setiap manusia.
  • Lambang rantai berbentuk segiempat dan lingkaran saling berkaitan yang membentuk lingkaran yang menjadi simbol untuk sila kedua.
  • Pohon beringin untuk sila ketiga artinya rakyat Indonesia dapat berteduh di bawah naungan dari negara Republik Indonesia. Akar yang menjalar pada pohon beringin ini dikorelasikan dengan keragaman suku yang ada di Indonesia dan menjadi makna persatuan Indonesia.
  • Kepala banteng menjadi simbol untuk sila keempat. Filosofi dari lambang ini yaitu peran sosial, seperti bermusyawarah untuk mendiskusikan keputusan.
  • Lambang padi serta kapas merupakan simbol dari sila kelima, yang berarti pangan dan sandang. Arti dari lambang sila kelima yaitu syarat utama dari negara adil yaitu dapat mencapai kemakmuran untuk rakyat.

Itulah penjelasan seputar makna lambang negara Indonesia yang perlu diketahui. Sebagai warga negara yang baik tentu saja hal tersebut harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

burung garuda pancasila negara indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top