Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

DPR Minta Jokowi Tingkatkan Alutsista Tentara Perdamaian Indonesia di Lebanon

Kontingen Garuda Indobatt menjadi garda terdepan dalam menjalankan misi perdamaian di bawah Pasukan Sementara PBB di Lebanon
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 15 Mei 2023  |  23:32 WIB
Ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020) malam. - theprovince.com
Ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020) malam. - theprovince.com

Bisnis.com, JAKARTA – DPR meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meningkat alutsista dan kebutuhan tentara perdamaian Indonesia atau Kontingen Garuda Indonesia Batatalion (Indobatt) di Lebanon.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Rudana Supadma menjelaskan, dirinya telah didelegasikan bersama Ketua BKSAP DPR Fadli Zon untuk melakukan pertemuan dengan prajurit Garuda Indobatt di Lebanon.

Menurutnya, Kontingen Garuda Indobatt telah menjadi garda terdepan dalam menjalankan misi perdamaian di bawah Pasukan Sementara PBB di Lebanon. Oleh sebab itu, mereka perlu didukung secara penuh oleh pemerintah.

"Kontingen Garuda perlu didukung penuh dalam peningkatan alutsista, perlengkapan dan berbagai kebutuhan, khususnya kendaraan juga peremajaan genset," jelas Putu dalam keterangannya, Senin (15/5/2023).

Selain itu, lanjutnya, BKSAP DPR juga melakukan kunjungan ke Parlemen Lebanon untuk menyampaikan dukungan serta mendiskusikan berbagai potensi kerja sama yang bisa dilakukan.

Sebagai informasi, Pasukan Sementara PBB di Lebanon sudah dibentuk sejak 1978. PBB membentuk pasukan ini untuk memastikan mundurnya pasukan Israel di Lebanon.

"Secara garis besar, kedatangan kami untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Lebanon yang sudah berjalan sekitar 70 tahun," ujar legislator asal Bali itu.

Putu pun berharap Kontingen Garuda Indobatt dapat menjadi jembatan bagi penyelesaian konflik antara Lebanon dan Israel. Dengan begitu, lanjutnya, peran Indonesia di tingkat global makin disegani.

Lebih lanjutnya, dia menegaskan DPR akan terus meningkatkan perannya untuk berkontribusi pada perdamaian dunia, termasuk wilayah Timur Tengah. DPR, lanjutnya, melalui BKSAP juga menjadi bagian IPU Task Force untuk resolusi perdamaian perang Rusia-Ukraina.

“Karena peran diplomasi parlemen sangat penting untuk menjembatani berbagai kepentingan nasional, sesuai amanat UU MD3 Nomor 17 tahun 2014 sebagai wujud implementasi UUD 1945," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr PBB lebanon prabowo subianto
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top