Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Profil Rafael Alun Trisambodo, Pejabat Pajak yang Anaknya Menganiaya Pria di Jaksel

Nama Rafael Alun Trisambodo menjadi perbincangan setelah anaknya yang bernama Mario Dandy Satrio melakukan penganiayaan terhadap seorang pria di Jaksel.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 23 Februari 2023  |  10:03 WIB
Profil Rafael Alun Trisambodo, pejabat DJP sekaligus orang tua Mario Dandy Satrio yang menganiaya pria di Jakarta Selatan - KPP PMA DUA.
Profil Rafael Alun Trisambodo, pejabat DJP sekaligus orang tua Mario Dandy Satrio yang menganiaya pria di Jakarta Selatan - KPP PMA DUA.

Bisnis.com, SOLO - Nama Rafael Alun Trisambodo menjadi perbincangan setelah anaknya yang bernama Mario Dandy Satrio melakukan penganiayaan terhadap seorang pria di Jakarta Selatan.

Rafael Alun Trisambodo merupakan pegawai Ditjen Pajak (DJP) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Nama Rafael Alun Trisambodo ikut terseret dalam kasus penganiayaan yang melibatkan anaknya, Mario Dandy Satrio, terhadap pria bernama David di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kasus penganiayaan Mario Dandy Satrio viral di media sosial Twitter. Kronologi kasus ini diduga bermula dari mantan pacar David berinisial A yang mengadu ke Mario karena mendapat perlakuan kurang baik.

Mendengar hal itu, Mario yang merupakan pacara gadis berinisial A itu langsung menyambangi David di daerah Pesanggrahan.

Mario lantas melakukan penganiayaan kepada David di sebuah gang. Hal ini sampai membuat korban masuk ICU dan mengalami koma.

Kasus ini viral lantaran Mario diketahui merupakan anak dari seorang pejabat pajak di Kanwil DJP Jakarta.

Mobil Jeep Rubicon yang dikendarai Mario juga menuai kontroversi karena memakai plat nomor palsu dan belum membayar pajak.

Berikut profil Rafael Alun Trisambodo:

Profil Rafael Alun Trisambodo, Pejabat Pajak yang Anaknya Menganiaya Pria di Jaksel

Profil Rafael Alun Trisambodo

Dilansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) di laman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rafael Alun Trisambodo tercatat punya karier yang panjang.

Rafael masuk dalam jajaran pejabat eselon III yang kini menempati posisi Kepala Bagian Umum DJP Kanwil Jakarta Selatan.

Karier Rafael Alun Trisambodo dimulai sejak 2013. Kala itu ia memulai tugas sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Dua tahun kemudian, pada 2015, ia dimutasi mengisi posisi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Situbondo.

Kariernya lalu berlanjut ke posisi Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penangguhan Kanwil DJP Jawa Timur I pada 2017.

Dari situ kariernya meningkat dan mendapat kepercayaan sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Modal Asing II pada 2018.

Terlepas dari kariernya yang cemerlang, Rafael disentil Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani karena gaya hidup hedonisme yang kerap dipamerkan oleh anaknya.

Pejabat pajak yang bergaya hidup hedon, ujar Sri Mulyani, akan merusak kepercayaan dari publik.

"Kepercayaan publik adalah hal esensial dan fondasi yang harus dijaga bersama dan tidak boleh dikompromikan oleh seluruh jajaran Kemenkeu," ucap Sri Mulyani.

Memang sebelum kasus ini viral, Mario Dandy Satrio kerap mengunggah foto dirinya bersama kendaraan mewah seperti Harley Davidson dan Jeep Rubicon.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rafael Alun Trisambodo Mario Dandy Satrio djp Pajak kemenkeu Kasus penganiayaan anak Pejabat pajak
Editor : Taufan Bara Mukti

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top