Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Negara Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Dunia, Ada Indonesia

Kelapa sawit termasuk komoditas pertanian yang penting. Berikut ini beberapa negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia salah satunya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 September 2022  |  14:28 WIB
5 Negara Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Dunia (pixabay)
5 Negara Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Dunia (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda bahwa minyak goreng yang digunakan oleh hampir seluruh penduduk Indonesia merupakan minyak yang berasal dari kelapa sawit?

Apakah Anda tahu apa itu kelapa sawit? Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar kelapa sawit lengkap dengan negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. 

Apakah Itu Kelapa Sawit?

Kelapa sawit merupakan komoditas pertanian yang penting. Nantinya, kelapa sawit akan diolah sebagai minyak yang dapat digunakan untuk memasak makanan. 

Sesuai namanya, kelapa sawit merupakan salah satu jenis kelapa dengan nama latin Elaeis guineensis yang biasanya digunakan untuk diekstrak menghasilkan minyak goreng. Kelapa sawit pada mulanya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, karena tingginya permintaan terhadap minyak kelapa sawit maka tanaman ini banyak dibudidayakan di negara tropis lainnya, seperti Indonesia dan Malaysia pada abad ke-19.

Hal inilah yang menjadi penyebab Indonesia sebagai salah satu negara terbesar produsen minyak kelapa sawit. Sebagai pengetahuan, minyak kelapa sawit atau yang biasa dikenal sebagai CPO (Crude Palm Oil) merupakan hasil pengolahan dari buah kelapa sawit yang berupa minyak nabati. Minyak ini dihasilkan dari buah kelapa sawit yang berwarna kuning dan minyak inti sawit yang tidak berwarna.

Daftar Negara Penghasil Sawit Terbesar di Dunia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tanaman kelapa sawit kini sudah tersebar di beberapa negara, khususnya negara tropis. Berikut ini sejumlah negara penghasil sawit terbesar di dunia. 

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara penghasil sawit terbesar di dunia. Hal ini tidak lepas dari luas wilayah yang sangat besar sehingga memungkinkan pembukaan lahan untuk kelapa sawit dalam skala besar dan terus bertambah tiap tahunnya.

Tercatat Indonesia memiliki lahan sawit seluas lebih dari 10 juta hektar untuk ditanami tiap tahunnya. Data menunjukkan bahwa Indonesia memproduksi 43,5 juta ton kelapa sawit tiap tahunnya dan melakukan ekspor ke berbagai macam negara seperti India, Pakistan, dan Afrika.

Selain karena wilayahnya yang luas, iklim Indonesia juga sesuai untuk syarat tumbuh tanaman ini. Maka dari itu, pertumbuhannya tanaman ini sangat baik di tanah nusantara. 

2. Malaysia

Malaysia juga termasuk negara penghasil sawit terbesar di dunia. Malaysia merupakan tetangga Indonesia dengan iklim dan lingkungan yang mirip Maka tidak mengherankan jika komoditas utama pertaniannya pun sama. 

Malaysia diketahui menunjukkan peningkatan yang signifikan sebesar 4,21 persen dari tahun 2021 dan menghasilkan sebanyak 19,8 juta ton kelapa sawit yang diekspor hingga Pakistan, China, dan Amerika Serikat.

3. Thailand

Negara Asia Tenggara lainnya yang diketahui mampu menghasilkan kelapa sawit dalam jumlah banyak yaitu Thailand. Negara ini menempati peringkat ketiga untuk negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. 

Tingkat produksi Thailand mencapai 3 juta ton kelapa sawit. Hebatnya lagi, di Thailand mayoritas produsennya merupakan petani skala kecil atau perorangan, bukan dari perusahaan besar.

4. Kolombia

Negara yang berada di Amerika Latin ini menjadi salah satu negara penghasil sawit terbesar di dunia dengan menduduki peringkat keempat. Tingkat produksi kelapa sawit di Kolombia mencapai 18 juta ton dengan luas lahan sekitar 260 ribu hektar.

5. Nigeria

Perwakilan dari benua Afrika yaitu Nigeria yang merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar kelima di dunia. Negara ini memproduksi kelapa sawit sebesar 14 juta ton per tahun, 

Tingkat produktivitas sawit di negara ini masih lebih rendah dibandingkan empat negara sebelumnya. Pasalnya, luas lahan sawit hanya 2,5 juta hektar. Walaupun demikian, Nigeria masih menjadi negara terbesar produsen minyak kelapa sawit di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kelapa sawit sawit Negara Penghasil indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top