Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Simak 5 Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Setiap negara memiliki kekuatan militer yang berbeda. Berikut ini sejumlah negara terkuat di dunia yang perlu diketahui.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 20 September 2022  |  12:28 WIB
Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa_ (pexels)
Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa_ (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah lembaga bernama Global Firepower (GFP) telah merilis daftar negara terkuat di dunia. Penilaian negara yang paling kuat di dunia diukur berdasarkan power index yakni penilaian berdasarkan keuangan militer, kemampuan logistic, dan geografi wilayah negara tersebut. 

Urutan negara paling kuat di dunia tahun ini, telah dirilis per 12 Januari 2022. Berdasarkan penilaian yang dilakukan, semakin kecil poin yang didapat menandakan bahwa negara tersebut memiliki kekuatan militer yang lebih baik. 

Lantas, negara mana saja yang masuk dalam daftar negara dengan militer terkuat di dunia? Simak penjelasan berikut ini.

Urutan Negara Terkuat di Dunia

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki posisi pertama sebagai negara terkuat di dunia dengan skor power index 0,0453. Amerika Serikat memang dikenal sebagai negara militer yang kuat. Mereka memiliki personel tentara aktif sebanyak 1.390.000 orang. 

Amerika Serikat juga memiliki banyak basis militer yang tersebar di seluruh dunia seperti Guam, Hawai, atau negara kecil lai. Tujuannya untuk mengawasi kegiatan militer yang dilakukannya. 

Kekuatan militer Amerika Serikat didukung dengan kendaraan militer darat seperti tank berjumlah 6.289 unit, artileri gerak sebagai 1.456 unit, derek sebanyak 2.740 unit, serta kendaraan lapis baja 39.353 unit.

Selain kekuatan darat, Kekuatan laut Amerika Serikat sendiri juga merupakan yang terbanyak di dunia dengan 20 unit kapal induk.

2. Rusia

Rusia sebagai negara terluas di dunia. Hal tersebut membuat negara ini membutuhkan pasukan militer yang sangat banyak untuk melindungi wilayahnya. Kondisi tersebut mengantarkan Rusia sebagai negara kedua yang memiliki militer terkuat di dunia dengan skor sebesar 0,0501. 

Kekuatan militer mereka juga didukung oleh persenjataan yang mumpuni. Hal ini dikarenakan Rusia memiliki banyak perusahaan pembuat senjata militer yang menambah kekuatan negara ini.

3. China

China berada di urutan ketiga sebagai negara dengan militer terkuat di dunia. Hal ini menandakan bahwa selain teknologinya yang semakin maju, kekuatan militernya juga terus berkembang. 

Salah satu langkah terbaik dari militer China yaitu melakukan kerjasama dengan perusahaan pertahanan milik negara mereka untuk menggunakan teknologi terbaru dalam militer mereka. China juga merupakan negara dengan personil aktif terbanyak di dunia. 

Hal ini menjadikan China memiliki banyak kendaraan militer dengan teknologi yang mumpuni untuk mendukung kekuatan negara mereka. Dalam penilaian yang dilakukan, China memperoleh skor 0,0511.

4. India

India berhasil menduduki posisi keempat sebagai negara terkuat di dunia dan kedua di benua Asia. India mendapatkan poin tinggi karena negara ini memiliki jumlah transportasi militer terbanyak di dunia, antara lain; 4.730 unit tank, 4.040 unit artileri derek, dan 542 unit pesawat tempur. 

Hingga saat ini, India masih aktif dalam tindakan militer terutama di perbatasan negara dengan Pakistan yang memiliki banyak konflik. India menduduki peringkat keempat sebagai negara terkuat di dunia dengan skor 0.0979 poin.

5. Jepang

Jepang merupakan negara yang tidak terlalu besar dan personil militer mereka pun tidak sebanyak empat negara sebelumnya. Tetapi, Jepang berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menduduki peringkat kelima sebagai negara terkuat di dunia. 

Hal ini tidak lepas dari komitmen dan mindset masyarakat Jepang untuk bekerja semaksimal mungkin dan didukung oleh teknologi canggih yang mereka miliki. Militer Jepang bertumpu kepada kekuatan angkatan darat, udara, dan laut mereka. Jepang menempati peringkat kelima dengan poin 0.1195.

Itulah beberapa negara terkuat di dunia yang memiliki kekuatan di bidang militer. Berdasarkan penilaian yang sama, Indonesia berada di nomor urut 15 dengan poin 0,2251.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara militer sejarah amerika serikat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top