Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Lapisan Batubara Dapat Simpan CO2

Pemerintah Indonesia menunjukan komitmen kuat menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) seperti tertuang dalam Perpres No.61/2011. Konsekuensi terhadap pelaksanaan perpres ini adalah Indonesia berkomitmen menurunkan emisi GRK sebesar 26% dengan usaha sendiri
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 05 Juni 2013  |  11:06 WIB

Pemerintah Indonesia menunjukan komitmen kuat menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) seperti tertuang dalam Perpres No.61/2011. Konsekuensi terhadap pelaksanaan perpres ini adalah Indonesia berkomitmen menurunkan emisi GRK sebesar 26% dengan usaha sendiri dan target komitmen itu dapat naik sampai 41% jika mendapat bantuan internasional.

Teknologi carbon capture and storage (CCS) merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu pemerintah dalam memenuhi komitmen pada saat ini, karena karakteristiknya mampu me­ngurangi emisi GRK dalam skala besar dan periode yang pendek.

Untuk mengimplementasikan teknologi CCS diperlukan informasi mengenai kesesuaian (suitability) dari suatu formasi geologi untuk penyimpanan CO2 (CO2 storage) dan kapasitas simpan CO2 yang tersedia. Salah satu formasi geo­logi yang dapat digunakan untuk penyimpanan CO2 adalah lapisan batubara (coal seam).

Selama ini penggunaan batu­bara senantiasa dikaitkan dengan sumber emisi CO2. Dalam kenyataan­nya lapisan batubara juga merupakan media yang sangat baik untuk menyimpan emisi CO2. Pusat Penelitian dan Pengem­bangan (Puslitbang) Teknologi Migas dan Gas Bumi “LEMIGAS”. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penelitian menyimpan CO2 pada lapisan batubara.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel lapisan batubara dari Lapangan ­Rambutan, Sumatera Selatan. Tujuannya adalah memperkirakan kapasitas simpan CO2 empat lapisan batubara di daerah tersebut. Satu set kriteria disusun untuk mengevaluasi dan memilah keempat lapisan batubara ­de­ngan karakteristik berbeda.


Keterangan gambar : Stratigrafi Lapisan (Seam) Batubara Lapangan Rambutan.

Hasil penelitian yang dilakukan LEMIGAS menunjukan lapisan batubara yang berada di Lapangan Rambutan memiliki kriteria yang sesuai untuk dijadikan sebagai lokasi penyimpanan CO2. Permeabilitas lapisan batubara Lapangan Rambutan memenuhi syarat untuk pen­yimpanan CO2, dengan nilai ren­tang antara 3.35-10.85 milli Darcy. Per­meabilitas yang tinggi akan memudahkan proses injeksi dan ­akses menuju sistem rekahan (cleat systems) sehingga dapat berdifusi ke matriks batubara dan tersim­pan selama-lamanya. Permeabilitas yang tinggi juga berkorelasi langsung ­dengan injektivitas yang dapat mencerminkan kebutuhan tekanan injeksi yang tidak terlalu tinggi dan kebutuhan akan sumur injeksi yang banyak untuk memanfaatkan kapasitas simpan itu.

Struktur geologi lokal yang di­­­­mi­liki Lapangan Rambutan juga mendukung untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan CO2, yaitu de­ngan lipatan dan patahan yang ­minim. Lapisan batubara pada Lapang­an Rambutan berada pada Formasi Muaraenim dan berdasarkan tingkat tektoniknya, Formasi Muaraenim dikategorikan dalam kelompok geo­logi rendah yang dipengaruhi oleh tingkat deformasi tektonik rendah dengan ciri memiliki patahan yang renggang dan lipatan dari moderat hingga datar.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

info csr lemigas

Sumber : Marketing Digital

Editor : Others

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top