Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Sistem CVT yang Ramah Lingkungan dan Irit Bahan Bakar

Tidak hanya hutan dan alam yang harus diperhatikan dalam melestarikan lingkungan, semua produk barang yang dipergunakan oleh manusia pun tidak ketinggalan wajib memperhatikan hal yang satu itu.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 05 Juni 2013  |  10:46 WIB

Tidak hanya hutan dan alam yang harus diperhatikan dalam melestarikan lingkungan, semua produk barang yang dipergunakan oleh manusia pun tidak ketinggalan wajib memperhatikan hal yang satu itu.

Mobil yang seringkali menjadi kebutuhan keluarga dan masyarakat untuk beraktivitas kemanapun dan dimanapun juga harus ikut memperhatikan lingkungan, seperti yang disiapkan mobil Nissan dalam salah satu komponen yang dimiliki.

Continuous Variable Transmisi atau CVT menjadi pilihan untuk mendukung program pelestari-an lingkungan, yakni suatu sistem yang berfungsi untuk memperhalus perpindahan-- percepatan antar gigi pada transmisi otomatis.

Sistem ini merupakan transmisi otomatis yang menggunakan -2 -pulley (Drive Pulley dan Driven -Pully) yang terhubung dengan steel--belt (sabuk baja).

Rasio perbandingan gigi didapatkan dengan menyesuaikan diameter drive -pulley tergantung pada putaran mesin dan perbandingan gigi dapat berubah secara variabel atau progresif.

Pada saat berakselerasi penuh, putaran mesin akan tetap berada di torsi maksimumnya, lalu CVT akan mengubah perbandingan gigi menuju yang lebih tinggi secara variable.

Jadi, apabila pengemudi menekan pedal gas hanya sedikit, komputer-- akan menjaga putaran mesin tetap rendah, tapi kecepatan mobil terus bertambah akibat perubahan perbandingan gigi.

Dengan terjaganya putaran mesin tetap rendah, pemakaian bahan bakar pun jauh lebih efisien yang berbeda dari transmisi otomatis biasa/konvensional. XTRONIC CVT menjaga putaran mesin pada titik optimal sehingga lebih halus -percepatannya.

Hal ini juga disebabkan wide gear ratio, yang mendorong kinerja mesin semakin efektif dengan efisiensi konsumsi bahan bakar kian meningkat.

Pada produk terbaru All-New Nissan Grand Livina, CVT dipergunakan untuk memperkuat mesin HR15DE agar pengguna kendaraan ini merasa nyaman, karena di antaranya bahan bakar yang dipergunakan lebih efisien.

Menurut Yoshiya Horigome, Vice President National Sales and -Marketing Nissan Motor Indonesia (NMI), tidak hanya tampilan eksterior All-New Nissan Grand Livina yang menonjolkan kesan timeless elegance appeal yang digemari para pelanggan setia Nissan.

Mesin baru HR15DE juga mengimplementasikan teknologi dual-injection dengan twin VTC (untuk saluran intake dan exhaust) dan teknologi ini dapat menghasilkan torsi yang lebih baik, terutama pada low hingga middle speed.

Bahkan, efisiensi bahan bakar di mobil All-New Nissan Grand Livina meningkat sebesar 4% dibandingkan dengan generasi pendahulunya.
Paduan mesin dan aplikasi transmisi CVT semakin meningkatkan performa bahan bakar yang lebih efisien sekitar 13% dibandingkan dengan model sebelumnya (transmisi konvensional).

All-New Nissan Grand Livina yang dipadukan dengan XTRONIC CVT generasi baru menawarkan sesi berkendara yang lebih halus dan nyaman, karena tidak adanya hentakan ketika per-pindahan gigi.

Kombinasi Sempurna

Teknologi ini merupakan kombinasi sempurna dari performa mesin dan bahan bakar yang ekonomis, sebab tidak ada kekuatan yang hilang saat perpindahan gigi.

Implementasi teknologi terdepan pada All-New Nissan Grand Livina juga didukung oleh desain interior yang dibuat mewah, dengan fitur kenyamanan layaknya sedan, fitur keselamatan dan keamanan optimal, sehingga menjadi daya tarik lain yang utama.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2007, Grand Livina menjadi salah satu MPV yang digemari di Indonesia, sehingga NMI menuai kisah sukses diantaranya mencatat penjualan lebih dari 130.000 unit dan meraih 19 penghargaan bergengsi, dari berbagai institusi maupun media.
All-New Nissan Grand Livina hadir dalam dua varian, yakni All-New -Nissan Grand Livina dan All-New Nissan Grand Livina X-Gear.

Tampilan desain grille baru pada All-New Grand Livina memancarkan kesan lincah dalam desain yang timelessly elegant, sedangkan Grand Livina X-Gear dengan tampilan sporty yang menonjol, mengusung karakter urban dinamis, dan cocok bagi keluar-ga Indonesia yang ingin tampil aktif.

“Dengan varian tambahan yang kami luncurkan, All-New Nissan Grand Livina diharapkan memenuhi kebutuhan calon pelanggan yang -ingin memiliki kendaraan MPV ideal dengan karakter berbeda,” ungkap Horigome.

Dia menambahkan All-New Nissan Grand Livina sangat sesuai bagi keluarga modern yang berkeinginan memiliki kendaraan dengan tingkat kenyamanan tinggi.

Tampilan eksterior yang menghadirkan kesan timelessly elegant, desain interior mewah, Sedan-like Comfort, Good Fuel Economy dan Optimum Safety & Security.

Untuk memudahkan mengakomodir keperluan berbagi informasi dari sejumlah komunitas pecinta-nya yang kian berkembang, NMI juga memiliki akun Facebook seba-gai wadah komunikasi yang khusus dide-dikasikan bagi pecinta Nissan Grand Livina, yaitu Nissan Grand Livina Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nissan info csr

Sumber : Marketing Digital

Editor : Others

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top