Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

BRI Memberdayakan Ekonomi Rakyat Melalui CSR

Sebagai salah satu bank skala besar di Indonesia,­ PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tidak pernah ­melupakan ­perannya ikut membantu ­seluruh lapisan ­masyarakat.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 05 Juni 2013  |  10:37 WIB

Sebagai salah satu bank skala besar di Indonesia,­ PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tidak pernah ­melupakan ­perannya ikut membantu ­seluruh lapisan ­masyarakat.

Dari sisi bisnis, komitmen PT Bank Rakyat ­Indonesia (BRI) Tbk terhadap pelaku usaha sudah tidak ­diragukan lagi. Lihat saja, penyaluran kredit bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus tumbuh setiap tahun­nya. Begitu pula dengan ­penyaluran kredit program, dan kredit usaha rakyat (KUR).

Melalui skema Program ­Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), BRI berkomitmen membantu masya­rakat antara lain dalam ­bidang pendidikan dan lingkungan. Kedua ­sektor tersebut memang menjadi fokus utama penyaluran CSR BRI ­sepanjang tahun ini.

Muhamad Ali, Sekretaris­ Perusaha­an PT BRI Tbk ­mengata­kan pihaknya selalu berkomitmen membantu segala lapisan masyarakat,­ termasuk melalui CSR.

“Kalau soal komitmen, kami tidak perlu diragukan lagi dan dari sisi perusahaan, BRI berharap program CSR yang dijalankan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Sepanjang Januari-April 2013, penyaluran dana bina lingkungan atau CSR BRI mencapai Rp18,5 miliar. Angka tersebut terdiri dari realisasi program bina lingkungan di bidang pembangunan sarana umum sebesar Rp1,11 miliar, bantuan bencana alam sebesar Rp1,05 miliar, bidang ­pendidik­an Rp1, 17miliar kesehatan Rp3,21 miliar, sarana ibadah Rp1,53 miliar dan pelestarian alam Rp433 juta.

Selain itu, BRI juga memberikan bantuan di bidang kesehatan sebesar Rp3,2 miliar, pembangun­an sarana ibadah Rp1,5 miliar, dan ­bidang pelestarian lingkungan sebesar Rp433 juta. Sepanjang tahun lalu, dana bina lingkungan yang tersalurkan oleh BRI mencapai Rp253,009 miliar.

Sebagai program bina ­lingkungan sarana umum­ diselenggarakan di Kota ­Batam, yakni melalui ­penata­an dan pemberdayaan PKL di Kawasan­ Square 91 Kota Batam.

Pada kesempatan tersebut,­ BRI memberikan bantuan berupa 50 unit gerobak bagi PKL senilai Rp187,5 juta.

“Program sejalan dengan CSR BRI untuk memberdayakan UMKM, dalam hal ini dengan ­mekanisme penataan dan pemberdayaan PKL ke depan,” ungkap Ali.

Pada masa mendatang, para PKL diharapkan dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sasaran pengembangan bisnis BRI melalui unit kerja BRI setempat.

Sebagai salah satu ­contoh BRI peduli dengan kalangan­ usaha­ mikro, kecil dan menengah­ (UMKM) adalah ­dengan membantu ­mereka melakukan pemulihan­ (recovery)­ terhadap ­kelangsungan usahanya.

Dampak banjir di Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu lalu ­tidak hanya merugikan masya­rakat pada umumnya, tapi juga kalangan UMKM, sehingga dilakukan pemulihan­ itu di ­beberapa lokasi.

Kawasan yang menjadi lokasi pemulihan antara lain di Bukit Duri, Johar Baru, Tanjung Priok, Grogol, Pluit, Bekasi, Marunda, Bendungan Hilir, dan beberapa wilayah lainnya.

Bentuk-bentuk bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk uang tunai namun meliputi fasilitas penunjang usaha para korban banjir seperti kompor gas dan peralatan memasak bagi usaha kuliner, gerobak usaha, tenda maupun sarana penunjang lainnya.

Banjir yang datang secara tiba-tiba menyebabkan banyak pengusaha mikro tidak sempat menyelamatkan peralatan usaha maupun barang dagangannya.

Dengan kemampuan modal yang terbatas, hal ini menyebabkan banyak pengusaha-pengusaha mikro mengalami kerugian cukup besar.

Sebagai upaya lainnya dalam memperbaiki lingkungan, BRI menunjukan komitmennya ­untuk membantu masyarakat pada Jumat (26/4/2013) memberikan bantuan Bina ­Lingkungan sarana umum ­kepada Desa Pesawah­an , ­Kecamatan ­Cilongkok di Kabupaten­ ­Banyumas, Jawa Tengah.

Bantuan BRI hampir senilai Rp120 juta itu untuk keperluan perbaikan akses jalan menuju desa, karena kondisi jalan menuju Desa Pesawahan tidak memadai, jalanan yang terjal dan berbatu menyebabkan warga sangat kesulitan­ dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Dengan adanya perbaik­an ­jalan ini, akses menuju­ desa akan semakin mudah, sehingga warga dapat lebih mudah beraktivitas khususnya dalam mengembangkan ­pe­r­ekonomi­an di desa tersebut.

Program ini adalah program lanjutan yang dilakukan oleh BRI kepada Desa Pesawahan, sebelumnya BRI memberikan bantuan ternak kambing dan pembuatan kandang agar kesejahteraan warga disana semakin meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri bank bri info csr

Sumber : Marketing Digital

Editor : Others

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top