Salah satu pasal dalam RUU Cipta Kerja memberi catatan, beroperasinya kapal asing tersebut hanya diizinkan di sektor yang kapal Indonesia belum tersedia atau belum memadai.
Pemilik kapal menghadapi kenaikan biaya tenaga kerja setelah banyak kru kapal tertahan akibat tindakan pembatasan untuk mengendalikan pandemi virus corona.n
Menurut Baltic Exchange, biaya awak harian telah meningkat 10 persen dari Januari hingga pertengahan Juli hingga US$3.144 untuk kapal curah kering capesize.
Indonesian National Shipowners' Association (INSA) menilai jumlah kapal penumpang sudah over supply, sehingga adanya investasi asing bisa berisiko merugikan industri.
Industri pelayaran nasional digoyang oleh kabar pelonggaran kepemilikan perusahaan asing di sektor tersebut. Ketentuan itu akan diatur seusai UU Cipta Kerja diselesaikan.
Data baru menunjukkan bahwa secara global, rata-rata kapal yang merapat ke pelabuhan di seluruh dunia naik menjadi 9.265 pada awal Agustus, hanya 3 persen di bawah level…
Samudera Indonesia optimistis kinerja perusahaan pada semester II bakal lebih baik daripada semester I sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru masyarakat.