Terusan Suez sendiri merupakan jalur perairan paling penting di dunia itu dibuka 150 tahun lalu. Selama satu setengah abad kiprahnya, Terusan Suez terus diperluas dan mengalami…
Indonesia perlu menerapkan sistem pandu elektronik untuk mendukung daya dukung layanan Vessel Traffic Services di wilayah Selat Malaka dan dekat Selat Singapura.
Instrumen PNBP memang akhirnya menjadi tidak rasional karena sudah tidak lagi berdasarkan jasa yang dilakukan atau kesepakatan atau target pelaksanaan jasa kemaritiman pelaku…
Sektor transportasi laut baik kepelabuhanan maupun pelayanan pelayaran mengalami tekanan luar biasa karena dihimpit dua persoalan sekaligus yakni krisis kesehatan dan ekonomi.
Pakar kemaritiman menilai tren kenaikan freight kontainer bisa menjadi tak terkendali lantaran dominasi perusahaan pelayaran global atau main line operator (MLO) yang beroperasi…
Depalindo berharap pemerintah bisa memfasilitasi dan mengundang perwakilan dari operator pelayaran guna membahas besaran tarif dan pungutan lainnya terkait dengan pelayaran.
Indonesia diklaim masih dikuasai perusahaan pelayaran global atau main line operator (MLO), sehingga menjadi pengendali utama aliran dan ketidakseimbangan ketersediaan kontainer.
Dunia membutuhkan 500.000 lebih kontainer berukuran 20 kaki, cukup untuk mengisi 25 kapal terbesar yang beroperasi, untuk memenuhi kebutuhan permintaan saat ini. Sementara…
Pandemi yang telah menghantam kegiatan ekonomi dan rantai pasokan, membuat pesanan kapal baru menjadi prioritas terendah bagi perusahaan. Hal ini menjadi warning bagi industri…
Indonesia Maritime Transportation and Logistic Watch (IMLOW) menilai UU Kepelabuhanan harus terpisah dari UU Pelayaran agar bisa memberikan kepastian hukum.
Sektor transportasi, khususnya pelayaran pada 2021 terangnya masih dalam posisi yang sulit karena masih dibayangi ketidakpastian, lantaran masih belum jelas waktu berakhirnya…
Pengusaha pelayaran ragu hadapi 2021 karena kedatangan varian generasi baru virus Covid-19 yang sudah sampai di Singapura. Padahal, indikator ekonomi Indonesia pasca terserang…