Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Erick Thohir Sebut Masalah Keamanan Jadi Alasan Batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia

Ketum PSSI Erick Thohir menyampaikan bahwa masalah keamanan menjadi momok utama Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 31 Maret 2023  |  16:49 WIB
Markas FIFA di Zurich, Swiss - Reuters/Christian Hartmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss - Reuters/Christian Hartmann

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir menyampaikan bahwa masalah keamanan menjadi momok utama Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Dia mengungkapkan bahwa dalam kontrak Indonesia sebagai host dan host city agreement (HCA) yang ditandatangi, bahwa Indonesia menjamin terkait keamanan selama Piala Dunia U-20. Namun, keputusan tertinggi tetap ada di FIFA, sebagai otoritas tertinggi sepakbola dunia.

"Kalau di surat FIFA, FIFA menyiapkan tim untuk tranformasi sepakbola. Salah satunya isu standarisasi, daripada keamanan," ungkap Erick dalam sesi tanya jawab di Kantor Presiden, Jumat (31/3/2023).

Menteri BUMN itu menegaskan bahwa sebelumnya hasil audit stadion sepak bola yang ia perintahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan lima dari 22 stadion yang diaudit dinyatakan rusak berat.

Audit tersebut dilakukan terhadap 22 stadion dengan kapasitas sekira 20.000 penonton atau lebih yang berisiko tinggi dalam pelaksanaan Liga 1, Liga 2, serta Piala Dunia U-20 2023, sebagai respon atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sedikitnya 135 nyawa pada Senin, 1 Oktober 2022.

Tak hanya itu, hasil audit Kementerian PU berikutnya yakni 13 stadion dinyatakan rusak sedang dan perlu direnovasi, kemudian empat stadion lainnya berstatus rusak ringan dan hanya perlu renovasi ringan.

Adapun untuk Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menjadi lokasi peristiwa berdarah pada awal Oktober 2022, Pemerintah akan melakukan rehabilitasi total. Saat ini proses tersebut baru memasuki tahapan perancangan ulang.

“Karena itu saya habis ini langsung telpon Pak Basuki. Kenapa juga FIFA mengecek lapangan yang 6 dipakai ini sesuai standar atau tidak karena itu. Jadi memang security and savety penting. Dan kita sebagai host country security and savety penting. Ini menjadi hal yang harus kita standarisasikan manajemen pertandingan, manajemen lapangan harus menjadi standar kalau mau menjadi transformasi,” pungkas Erick.

Sekadar informasi, FIFA akhirnya membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah dalam gelaran Piala Dunia U-20. Pembatalan itu terjadi di tengah isu mengenai penolakan terhadap Tim Nasional alias Timnas Israel.

Melansir dari laman resmi FIFA, keputusan ini diambil setelah pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan status tuan rumah Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” melansir dari laman resmi FIFA, Rabu (29/3/2023) malam.

FIFA menjelaskan bahwa untuk tuan rumah pengganti akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah.

Selain itu, FIFA mengatakan bahwa potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

Lebih lanjut, FIFA tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir,” tulis keterangan tersebut.

Kemudian, FIFA mengatakan pertemuan antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Piala Dunia U-20 piala dunia fifa pssi Timnas U-20 Indonesia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top