Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Negara Penghasil Timah Terbesar di Asia Tenggara, Ada Indonesia

Timah merupakan salah satu hasil tambang yang nilai ekonomisnya tinggi. Berikut ini sejumlah negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 September 2022  |  13:17 WIB
6 Negara Penghasil Timah Terbesar di Asia Tenggara (pexels)
6 Negara Penghasil Timah Terbesar di Asia Tenggara (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Timah adalah hasil tambang yang digunakan untuk beberapa kepentingan, salah satunya sebagai bahan baku kaleng pengganti aluminium.

Timah dihasilkan di beberapa tempat. Bahkan ada beberapa negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara.

Lantas, negara apa saja yang masuk dalam daftar tersebut? Apakah Indonesia salah satunya? Temukan jawabannya pada uraian berikut ini.

Negara ASEAN Penghasil Timah Terbesar di Dunia

Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah organisasi yang berisi negara-negara di Asia Tenggara. Dari 10 anggota ASEAN, enam diantaranya termasuk negara penghasil timah terbesar di dunia. Berikut daftar lengkapnya.

1. Indonesia

Negara penghasil timah terbesar di ASEAN adalah Indonesia. Pada tahun 2019 lalu, negara kita mampu menghasilkan timah sebanyak 77,5 ribu ton.

Sedangkan pada tahun 2020, timah yang dihasilkan sebanyak 66 ribu ton. Meskipun terdapat penurunan, namun hal tersebut tidak lantas menggeser Indonesia sebagai negara penghasil timah paling besar nomor satu di Asia Tenggara.

Produksi timah Indonesia digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan sisanya di ekspor ke luar negeri. Secara global, Indonesia menduduki posisi kedua setelah Cina sebagai negara paling banyak menghasilkan timah.

2. Myanmar

Myanmar berada di posisi kedua sebagai negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara. Tahun 2019 lalu, negara ini menghasilkan 42 ribu ton timah dan tahun 2020 diketahui hasil timah negara ini sebanyak 33 ribu ton.

Produksi timah terbanyak di Myanmar yaitu ada di provinsi Man Maw yang berbatasan langsung dengan Cina. Diperkirakan negara ini mempunyai cadangan timah sebesar 1 juta ton.

3. Vietnam

Negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara berikutnya yaitu Vietnam. Negara ini bisa menghasil timah sebesar 5,5 ton timah pada tahun 2019 dan 4,9 ribu ton saat tahun 2020 lalu. Sama halnya dengan Indonesia, hasil timah di Vietnam digunakan untuk keperluan domestik dan diekspor.

4. Malaysia

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini juga termasuk negara ASEAN penghasil timah terbesar. Sebagian besar timah dihasilkan dari wilayah Kinta Valley, Selangor dan Perak.

Pada tahun 2019 lalu, negara ini bisa menghasilkan 3,61 ribu ton timah. Kemudian pada tahun 2020, hasil timah Malaysia mencapai 3,3 ribu ton timah.

5. Laos

Laos juga termasuk negara ASEAN penghasil timah terbesar di dunia. Negara ini bisa menghasilkan timah sebanyak 1,4 ribu ton pada tahun 2019.

Sedangkan pada tahun 2020, hasil timah dari Laos mengalami penurunan menjadi 1200 ton. Perusahaan penghasil timah terbanyak di Laos yaitu perusahaan Lao-Korean Tin Mines.

6. Thailand

Terakhir, ada Thailand yang menjadi negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara. Sebenarnya, negara ini pernah memiliki sejarah kurang baik di industri timah, tepatnya saat harga timah turun pada tahun 1985.

Namun, saat ini Thailand mulai bangkit dan kembali menghasilkan timah. Di tahun 2019 lalu, hasil timah Thailand mencapai 100 ton. Bahkan, pada tahun 2020 hasil timah di Thailand meningkat drastis. Berbeda dengan negara lain yang mengalami penurunan, Thailand justru mengalami peningkatan hingga 700 ton.

Itulah sejumlah negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara. Ternyata, Indonesia menjadi menduduki posisi pertama sebagai negara ASEAN yang menghasilkan timah dalam jumlah besar. Hal ini menjadi bukti bahwa kekayaan Indonesia memang sangat melimpah. Namun, kekayaan tersebut harus diolah dengan bijak agar bisa dinikmati hingga generasi berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara Negara Penghasil asia tenggara
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top