Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ucapan Belasungkawa Islami Terbaru, Penuh Doa Suci nan Bermakna 

Kematian adalah hal yang pasti, termasuk bagi umat Islam. Ucapan belasungkawa Islami pun diucapkan. Ketahuii ucapan belasungkawa islami dengan klik di sini.
Fauzan Hanif
Fauzan Hanif - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  18:33 WIB
Ilustrasi ucapan belasungkawa islami - Freepik
Ilustrasi ucapan belasungkawa islami - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kematian adalah hal yang pasti, termasuk bagi umat Islam. Ucapan belasungkawa islami pun diucapkan. Wajar saja, mengingat duka mendalam yang hinggap di hati keluarga hingga sahabat yang ditinggalkan. 

Maka, memberikan ucapan belasungkawa dalam Islam memiliki arti yang sama dengan memberikan dukungan moral. Tujuannya adalah untuk merangkul mereka yang ditinggalkan agar bisa lebih tegar menghadapi kenyataan ini. 

Bisnis merangkum 30 ucapan belasungkawa Islam dengan doa bermakna. Sempatkan waktu untuk mengucapkan ini pada siapapun yang sedang berduka, agar mereka kembali ceria. 

Berikut ucapan belasungkawa Islam penuh doa suci: 

  1. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian abadi. Allah SWT selalu menyayangi orang-orang yang beriman kepada-Nya.
  2. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga almarhum beristirahat dengan tenang dan semoga kita bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya.
  3. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu dan keluarga kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.
  4. Meskipun rumahmu telah berbalut tanah, namun kebaikanmu selama hidup akan membuatmu terus bernafas dalam hati dan jiwa kami. Selamat jalan sahabatku, terima kasih telah mewarnai hidup kami dengan kegembiraan.
  5. Innalillahi wainnalillahi rojiun, nasib kita ditentukan dan dimeteraikan ketika kita datang ke bumi ini, dan kita semua akan kembali ke tanah suatu hari nanti. Semoga Allah SWT mengampuni dosa ayahmu dan memberinya tempat di Jannah Tul Firdaus.
  6. Allahu Ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rahima mayyita.” (Semoga Allah memberimu pahala yang berlipat, memberimu pelipur lara nan baik dan semoga Allah memberikan rahmat pada si mayit.)
  7. Hakekatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya
  8. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya.
  9. Ya Allah, ampunilah dia dari dosa-dosanya dan berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia dari beberapa hal yang tidak ia sukai di alam sana. Maafkanlah ia dari kesalahan-kesalahannya dan tempatkan ia di tempat yang terbaik, dan juga mulia yaitu surga-Mu. Luaskan pada kuburnya dan mandikan ia dengan air susu salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan yang telah dilakukannya semasa hidup. Amin.
  10. Ahsanallahu azaaka wa jabaro mushabaka wa ghofaro limayyitikum wa rahimahu wa khalafahu fii qolbihi bi khair.” (Semoga Allah SWT memberikan kamu pelipur lara. Semoga Ia memberikan kebaikan atas masalahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik.)
  11. Kullu Nafsin Zaa'ikatul Maut, Allahu akbar, turut berdukacita yang sedalam-dalamnya dari lubuk hati yang paling dalam. Kita semua milik Allah. Allah telah mengambil apa yang dimilikinya. Jangan larut dalam kesedihan.
  12. Tidak semua orang bisa mengatakan bahwa mereka memiliki ibu terbaik di dunia, tapi saya yakin ibumu adalah yang terbaik di dunia ini. Innalillahi wainnalillahi rojiun, Allah SWT pasti memberikan ibumu tempat terbaik di sisi-Nya.
  13. Jangan sedih. Allah berfirman setiap orang akan mati suatu hari nanti. Berdoalah untuk kedamaian abadi bagi jiwa yang telah meninggal. Semoga Allah Swt. memberinya Jannatul Firdaus.
  14. Semua rasa sakit yang ia alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayanginya daripada kita semua di sini. Selamat jalan, semoga engkau sudah tenang di surga sana.
  15. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya karena segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergiannya.
  16. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya.
  17. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Kamu berhak untuk menangis sekeras-kerasnya tapi jangan pernah lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar sahabat tercinta tetap di Jannah. Saya berharap doa kita akan membantunya dalam istirahatnya.
  18. Saya berharap ada sesuatu yang bisa saya katakan untuk meringankan rasa sakitmu. Semoga Yang Maha Kuasa memberikan kesabaran dan kemudahan untuk melewati cobaan ini.
  19. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.
  20. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu. Semoga Yang Maha Kuasa memberimu kesabaran di masa sulit ini dan membantumu menanggung kesedihan. Aku berdoa kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa ayahmu dan membuat kuburan nyaman baginya.
  21. Ahsanallahu azaaka wa jabaro mushabaka wa ghofaro limayyitikum wa rahimahu wa khalafahu fii qolbihi bi khair.” (Semoga Allah SWT memberikan kamu pelipur lara. Semoga Ia memberikan kebaikan atas masalahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik.)

Ucapan belasungkawa Islam singkat bermakna

  1. Semoga Allah Swt. memberinya puncak tertinggi Jannah dan mengampuni dosa-dosanya. Belasungkawa tulus saya.
  2. Kamu telah menjadi teman baik saya. Kehilangan hari ini sama besarnya denganku seperti milikmu. Semoga Allah memberinya kedamaian abadi.
  3. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.
  4. Simpati terdalamku untukmu dan keluarga. Semoga Allah SWT memberikan ibumu tempat tertinggi di Jannah. Allahummaghfirlaha warhamha wa'aafihi wa'fu'anha.
  5. Bersabarlah dan buatlah doa untuk arwah yang telah meninggal. Semoga Allah Swt. menerangi kuburnya.
  6. Kesedihan yang kita rasakan merupakan sebuah tanda, jika kita sangat mencintainya. Sekarang ia sudah tenang di alam sana, tak perlu risau karena Allah Swt selalu menjaganya.
  7. Jika kamu meminta bantuan dari Allah, Dia tidak akan mengecewakanmu. Selalu berusaha mengingatnya di saat-saat sulit. Dia akan membantumu dengan satu atau lain cara.
  8. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah (SWT) memberinya puncak tertinggi Jannah dan mengampuni dosa-dosanya. My sincere condolence.
  9. Turut berduka cita, sahabat. Semoga Allah SWT menyelamatkannya dari siksa kubur dan mengurangi segala dosanya. Semoga Allah memberinya Jannat-ul-Firdaus, amiin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ucapan Belasungkawa Ucapan Belasungkawa Islami Ucapan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

back to top To top