Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rumus Excel Lengkap yang Dijamin Akan Mempermudah Pekerjaan Anda

Saat ini anda tidak perlu repot-repot untuk menghitung data dalam jumlah yang banyak. Banyak rumus excel yang bisa anda gunakan untuk lebih mempermudah pekerjaan Anda.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  14:49 WIB
Rumus excel lengkap akan membantu dalam bekerja./Ilustrasi - Thenewspaperworks
Rumus excel lengkap akan membantu dalam bekerja./Ilustrasi - Thenewspaperworks

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft excel merupakan software yang paling sering digunakan dalam dunia kerja. Saat ini, banyak pekerjaan yang mengharuskan pelamarnya wajib menguasai excel seperti akuntan, marketing dan data analyst. Excel digunakan untuk mengelola data sederhana hingga rumit, mengelola teks dan membuat diagram maupun grafik. 

Bagi anda yang menggunakan atau mengelola data, microsoft excel menjadi tools yang sangat membantu. Bahkan, untuk penjumlahan sederhana, membuat tabel, menghitung anggaran, semua bisa dilakukan di excel. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan. 

Berikut rumus excel yang dilansir dari berbagai sumber:

SUM

SUM atau penjumlahan adalah operasi dasar excel yang paling banyak digunakan. Data yang diolah dalam excel dapat berupa data yang jumlahnya banyak atau sedikit. Sum sangat efektif digunakan Ketika ingin menjumlahkan data yang banyak sekalipun. 

Penggunaan fungsi SUM adalah dengan menuliskan pada kolom fx yang terletak pada bagian atas sheet di mana rumusnya itu adalah =SUM (cell awal:cell akhir). 

AVERAGE

Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu kumpulan data yang ada. Fungsi ini berjalan seperti fungsi SUM yang melakukan perhitungan di belakang layar. Cara cepat fungsi AVERAGE yaitu blok range data yang ingin dihitung  nilai rata-ratanya dan isikan di fungsi AVERAGE. 

MAX dan MIN

MAX dan MIN merupakan rumus excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka. 

Contohnya jika anda ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari hasil penjualan bulan Maret 2020 – Maret 2021, masukkan hasil penjualan data pada sel 1 deret kebawah dan ke samping. 

VLOOKUP

VLOOKUP merupakan singkatan dari Vertical Lookup dan menjadi sebuah formula dalam excel yang berfungsi untuk mencocokkan data dari dua daftar. Pengaplikasian rumus Vlookup ini dalam pengolahan data antara lain untuk melakukan pengelolaan database statistic, mencari nilai median, mean dan pencarian dari nilai minimum hingga maksimum dari sebuah data. 

COUNT

Rumus COUNT pada excel berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Contohnya adalah data pada sel A1 sampai sel M1 terdapat angka dan data huruf. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka maka anda bisa menggunakan rumus =COUNT (A1:M1).

COUNTA

Hampir sama dengan rumus COUNT, rumus excel COUNTA digunakan bukan hanya untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga sel yang berisi apapun. Sehingga anda bisa menghitung jumlah sel yang tidak kosong. 

Contohnya seperti, anda memiliki data dan angka pada sel A1 hingga sel P1. Diantara sel tersebut  terdapat beberapa sel yang kosong. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, anda bisa menggunakan rumus =COUNTA (A1:P1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rumus Excel microsoft Excel Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

back to top To top