Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Rangkaian Silahturahmi Idulfitri Prabowo, Sowan ke Ulama hingga Megawati

Berikut ini rangkaian kunjungan halal bihalal Menhan Prabowo ke beberapa tokoh, termasuk Megawatir dan Khofifah, selama Lebaran Idulfitri 1443 H.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 08 Mei 2022  |  09:43 WIB
Menteri Pertahanan Pabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo saat Idulfitri, Senin (2/5/2022). - Instagram @prabowo
Menteri Pertahanan Pabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo saat Idulfitri, Senin (2/5/2022). - Instagram @prabowo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah melaksanakan sejumlah kunjungan halal bihalal ke beberapa tokoh selama Lebaran Idulfitri 1443 H.

Menurut catatan Bisnis, Prabowo mengawali Hari Raya Idulfitri dengan melaksanakan salat Id di Masjid Nurul Wathon, Hambalang, Kabupaten Bogor yang dilanjutkannya dengan perjalanan menuju Yogyakarta. Di sana dirinya menemui Kepala Negara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana menerima kedatangan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan putranya, Didit Hediprasetyo, di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Prabowo berbincang-bincang beragam hal yang ringan, tetapi disebutkan tidak ada obrolan tentang politik maupun ekonomi. Bahkan, menurut Jokowi, hal terpenting dari pertemuan tersebut adalah silaturahmi dan saling bermaafan.

Lepas landas, Prabowo pun bergeser untuk bersilaturahmi dengan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar Jakarta Pusat. Momentum tersebut pun diunggah oleh Ketua DPR RI Puan Maharani yang merupakan anak dari Megawati melalui akun Instagram @puanmaharaniri.

"Alhamdulilah bisa bersilaturahmi kembali walaupun terbatas dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Bersama Pak @prabowo diskusi santai, ikut merasakan kegembiraan rakyat Indonesia berlebaran tahun ini, setelah 2 tahun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berat dan menantang. Selamat Idul Fitri, Pak Prabowo. Maaf lahir batin," tulis Puan, Senin (2/5/2022).

Banyak kalangan yang mengaitkan pertemuan Prabowo dan Megawati serta Puan sebagai pertemuan politis. Tidak berhenti di sana, pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini pun melanjutkan perjalanan silaturahminya ke ulama di wilayah Jawa Timur.

Prabowo bersilaturahmi ke Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Kyai Achmad Muzakki Syah dan Kyai Kholil As'ad Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo.

Adapun dalam pertemuan itu, Kyai Kholil dan Kyai Muzakki mendoakan Prabowo agar tetap sehat dan segala niat baiknya untuk membangun bangsa ini bisa tercapai.

Selanjutnya, anak ketiga dan putra pertama dari bapaknya Soemitro Djojohadikusumo ini menuju Surabaya untuk melakukan silaturahmi dan halalbihalal bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Selasa (3/5) di gedung Grahadi, Surabaya.

“Saya mendapat kehormatan diterima oleh Bu Gubernur Khofifah. Kebetulan saya sedang berada di Jawa Timur untuk sowan pada tokoh-tokoh di sini dalam rangka lebaran. Menjenguk sahabat-sahabat lama saya. Tentu saya merasa perlu untuk sowan kepada Gubernur Khofifah,” kata Prabowo dalam keterangan resminya.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo dan Khofifah berdiskusi empat mata di pinggir sungai Gedung Grahadi, mulai dari produk pertanian Jawa Timur yang mampu menyuplai kebutuhan pangan wilayah Indonesia Timur, yaitu padi hingga berdiplomasi buku, di mana Prabowo memberi dua buku ciptaannya berjudul Paradoks Indonesia dan Kepemimpinan Militer yang dibubuhi tanda tangan.

Khofifah juga memberikan buku kepada Prabowo berjudul “Ibu” yang menceritakan tentang perjalanan serta kerja-kerja Khofifah selama menjabat sebagai Menteri Sosial RI (2014-2017) hingga menjadi Gubernur Jawa Timur.

Ketua Umum Partai Gerindra ini pun melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Attauhidiyah Giren Talang, Kabupaten Tegal pada Kamis (5/5). Dia disambut langsung oleh pimpinan ponpes KH Ahmad Saidi.

Kyai Ahmad mengaku telah menanti kedatangan Prabowo ke kediamannya. Dia pun menyampaikan terima kasih karena Prabowo sudah berkenan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke ponpesnya.

Prabowo menjelaskan bahwa kunjungannya ini merupakan silaturahmi lebaran dengan sahabat lamanya.

Dikutip melalui akun instagram pribadinya @prabowo, dirinya pun turut melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke 4 K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“[Saya] ziarah ke makam Presiden RI ke 4 K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Pesantren Tebuireng, Jawa Timur,” tulisnya, Kamis (5/5).

Terakhir, menurut pantauan Bisnis, Prabowo berkunjung ke kediaman Sultan Yogyakarta Hamengkubuwono X. Dalam kunjungannya itu, dirinya langsung disambut oleh Sultan Yogya dan istrinya, GKR Hemas di pintu masuk Keben, Keraton Yogyakarta.

Sultan Yogya menyebutkan, tidak ada pembicaraan politik terkait pertemuan ini.

"Saya terima kasih kepada Pak Prabowo karena berkenan berkunjung ke Yogyakarta. Tidak ada pembicaraan politik, kami hanya silaturahmi," kata Sultan, di Keraton Yogyakarta, Sabtu (7/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi megawati prabowo subianto sri sultan hamengkubuwono Pilpres 2024
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini Lainnya

back to top To top