Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Sejarah Penerbangan Komersial di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Penah naik pesawat Garuda Indonesia? Mau tahu sejarahnya? Ini dia.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 17 September 2013  |  16:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Penah naik pesawat Garuda Indonesia? Mau tahu sejarahnya? Ini dia.

Masa awal Garuda Indonesia ada di tahun 1949 hingga 1950. Titik awal penerbangan komersil pertama di Indonesia ditandai dengan penerbangan pesawat DC-3 Dakota beregistrasi Ri 001 tang diberi nama”Seulawah”.

Penerbangan pada 26 Januari 1949 ini  berangkat dari Calcutta (India) menuju Rangoom (Myanmar) untuk disewa pemerintahan Burma (Myanmar).

Menurut Garuda Indonesia,Pesawat ini merupakan hasil sumbangan rakyat Aceh. Pesawat ini pun diberi logo “Indonesian Airways”.

Pada 28 Desember 1949, Pesawat DC-3 Dakota lainnya dengan registerasi PK-DPD yang telah dicat logo “Garuda Indonesian Airways” terbang membawa Soekarno daari Yogyakarta menuju Jakarta untuk dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat.

31 Maret 1950,  garuda Indonesia didirikan dengan nama Garuda Indonesian Airways N.V dengan akta no 137 dan Raden Kadiman sebagai notarisnya. Saat itu pemerintahan Republik Indonesia Serikat dan De Koninkelijke Luchtvaart Maatschappij N.V (KLM) berbagi kepemilikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan garuda indonesia
Editor : Bambang Supriyanto

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top