Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Cek Fakta: Ibu Kota Nusantara Miskin Investor? Ini Penjelasannya

Calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud MD dalam debat calon wakil presiden Pemilu 2024 yang digelar, pada Selasa (22/12/2023) di JCC, ini faktanya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Desember 2023  |  17:07 WIB
Cawapres no tiga, Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024
Cawapres no tiga, Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024

Bisnis.com, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud MD dalam debat calon wakil presiden Pemilu 2024 yang digelar, pada Selasa (22/12/2023) di JCC, Jakarta, menyinggung soal belum adanya investor yang masuk Ibu Kota Negara (IKN).

Perlu diketahui, pembangunan Ibu Kota Baru perlu anggaran Rp 466 triliun, dilansir dari laman IKN.

Mahfud yang juga merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menyinggung terkait belum adanya investor yang masuk dalam pembangunan IKN

Berikut kutipan pembicaraan Mahfud:

“Sejauh yang kita baca sampai sekarang tidak ada satupun investor yang masuk, coba kalau ada sebutkan misalnya dua atau satu investor mana yang sudah masuk,”

Namun, benarkah pernyataan Mahfud MD terkait belum adanya investor yang masuk IKN?

Penjelasan:

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono mengatakan, nilai investasi pihak swasta untuk pembangunan Ibu Kota baru itu mencapai Rp45 triliun hingga akhir 2023.

Rinciannya, senilai Rp23 triliun sudah dikucurkan untuk pembangunan fisik awal atau groundbreaking pada September 2023. Lalu senilai Rp12 triliun dikucurkan pada groundbreaking November 2023. 

"Sehingga, totalnya paling tidak Rp45 triliun investasi swasta akan mengiringi apa yang sudah dimasukkan pemerintah sebagai investasi dari APBN," kata Bambang, dilansir dari Databoks.

Bambang menjelaskan, mesin pembangunan IKN tak hanya berasal dari pihak swasta, tetapi juga APBN. Dia memuji kinerja Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah membangun infrastruktur IKN.

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa sudah ada 21 investor dalam dan luar negeri yang sudah dan akan masuk ke IKN Nusantara. Jumlah investasi di yang masuk di ibu kota baru pun sudah mencapai US$ 2 miliar atau Rp 31,4 triliun (Kurs Rp 15.723).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN investor Ibu Kota Nusantara mahfud md Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top