Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Steve Irwin Day, Peringati Dedikasi Sang Pelindung Satwa Liar

Hari Steve Irwin diperingati setiap 15 November untuk menghormati dedikasi pria pelindung satwa liar
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 15 November 2023  |  08:42 WIB
Steve Irwin Day, Peringati Dedikasi Sang Pelindung Satwa Liar. Terri, istri almarhum Steve Irwin, bersama putrinya Bindi dan putranya Robert bepos bersama dalam peluncuran serial keluarga di kanal  televisi Animal Planet di London  26 September 2018. - Reuters/Will Russell
Steve Irwin Day, Peringati Dedikasi Sang Pelindung Satwa Liar. Terri, istri almarhum Steve Irwin, bersama putrinya Bindi dan putranya Robert bepos bersama dalam peluncuran serial keluarga di kanal televisi Animal Planet di London 26 September 2018. - Reuters/Will Russell

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Steve Irwin atau Steve Irwin Day diperingati setiap 15 November untuk menghormati dedikasi, dan jasa Stephen Robert Irwin, seorang yang mencintai dan merawat hewan dan satwa liar. 

Stephen Robert Irwin merupakan seorang penjaga kebun binatang, konservasionis, pakar satwa liar, dan tokoh televisi asal Australia. 

Dia mencapai ketenaran di seluruh dunia berkat serial TV-nya The Crocodile Hunter, yang berlangsung sejak 1996 hingga 2007.

Irwin menjadi populer karena upaya konservasinya dalam menyelamatkan buaya dan berbagai hewan. Alasan ini membuat setiap 15 November diperingati setiap tahun sebagai Hari Steve Irwin.

Selain itu, program Wildlife Warriors yang dimulainya pada 2002 juga terus mendukung dan menghidupkan impiannya untuk merawat hewan sebanyak mungkin.

Profil Steve Irwin

Steve Irwin lahir pada 22 Februari 1960 dari orang tua yang juga berdedikasi dalam merawat hewan dan satwa liar. 

Ayahnya adalah seorang ahli herpetologi dan satwa liar, dan ibunya adalah seorang ahli rehabilitasi satwa liar yang merawat hewan yang terluka.

Keluarganya pindah ke Queensland pada 1970, dan membuka taman reptil yang dikenal dengan nama Beerwah Reptile and Fauna Park. 

Beberapa tahun kemudian, namanya diubah menjadi Queensland Reptile and Fauna Park, sebelum secara resmi dikenal sebagai Kebun Binatang Australia.

Steve Irwin menikah pada 1992 dengan Terri Raines yang juga pecinta satwa liar, hingga pada 4 September 2006, Steve Irwin melakukan ekspedisi menyelam untuk syuting "Ocean's Deadliest".

Saat menyelam, seekor ikan pari menusuk tubuhnya, tepatnya di bagian jantungnya, berulang kali hingga mengalami pendarahan. 

Steve Irwin pun meninggal dunia kurang dari satu jam karena serangan jantung yang dialaminya setelah disengat ikan pari tersebut. 

Adapun tak lama kemudian, Hari Steve Irwin diciptakan untuk menghormati hidupnya yang melindungi dan mencintai spesies hewan. 

Tanggal 15 November bukan merupakan hari ulang tahunnya, namun hari kelahiran salah satu hewan favorit Irwin, yaitu Harriet, kura-kura darat Galapagos yang hidup hingga usia 175 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Steve Irwin satwa liar
Editor : Aprianus Doni Tolok

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top