Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bukan Hanya Deddy Corbuzier, 5 Artis Ini Punya Pangkat Militer, Ada yang Ikut  Operasi Pembebasan Irian Barat

Ada sejumlah artis Tanah Air yang juga pernah menyandang pangkat militer selain Deddy Corbuzier.
Rendi Mahendra
Rendi Mahendra - Bisnis.com 13 Desember 2022  |  12:49 WIB
Deddy Corbuzier - Youtube
Deddy Corbuzier - Youtube
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Deddy Corbuzier bukan satu-satunya artis yang punya pangkat militer. Namun ada sejumlah artis Tanah Air yang juga pernah menyandang pangkat militer.

Penyematan pangkat kehormatan Letnal Kolonel atau Letkol Tituler TNI AD itu diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Jumat, 9 Desember 2022.

Pangkat Letkol Tituler TNI AD  itu disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

Tentu penyematan pangkat Letkol Tituler TNI AD pada Deddy Corbuzier itu menyita perhatian.

Pasalnya diketahui Deddy merupakan pesohor mantan pesulap dan pembawa acara yang sering muncul di layar kaca.

Kendati demikian, artis yang pernah punya mendapat penghargaan militer bukan hanya Deddy Corbuzier. Dilansir dari Tempo.co.id, berikut deretan artis yang pernah mendapat penghargaan militer.

1. Bing Slamet

Pria yang bernama asli Ahmad Syech Albar dan lebih populer dengan nama Bing Slamet itu lahir pada 27 September 1927.

Dedikasinya terhadap dunia hiburan di tanah air tak perlu diragukan, bahkan menjelang proklamasi kemerdiaan Idonesia dia tergabung dalam kelompok teater Pantja Warna.  Kemudian ia memperoleh Piagam penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin pada 10 Juni 1972. Tak hanya itu, Bing Slamet juga mendapat Anugerah Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma di Istana Negara.

2. Asmoroso Katamsi

Selanjutntya Amoroso Katamsi seorang aktor Indonesia yang pernah bermain dalam film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI (1982). Diketahui Asmoroso pernah berdinas di TNI AL hingga mencapai golongan perwira tinggi dengan pangkat terakhir Laksamana Pertama (jenderal Bintang Satu).

3. Kris Bintaro

Aktor yang pernah membintangi film Si Manis Jembatan Ancol, Kuntilanak, ini juga pernah berdinas militer. Tercatat Kris merupakan seorang veteran kemerdekaan Indonesia, salah satu tugas pentingnya yakni terlibat dalam Operasi Trikora (1961-1962).

4. Tessy Srimulat

Pelawak yang identik dengan ciri khas, yaitu menjadi waria, berdandan tebal, bibir monyong, banyaknya cincin batu akik besar, dan logat Surabaya yang kental ini juga pernah berdinas di militer.

Pemilik nama asli H. Kabul Basuki ini pernah menjadi anggota KKO TNI AL (Korps Marinir) untuk operasi pembebasan Irian Barat pada 1961-1963

5. Ratmi B29

Pemain filam yang lahir pada ada 16 Januari 1932 juga pernah berinas di militer yaitu pernah punya pangkat militer menjadi sersan dua Laskar Wanita (Laswi) pimpinan Ny. Arudji Kartawinata sebagai anggota Batalyon D Brigade 16 Citarum, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

deddy corbuzier tni ad pangkat
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini Lainnya

back to top To top