Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ucapan Belasungkawa Kristen Terlengkap, dan Doa Terbaiknya

Kematian dapat terjadi kapan pun. Bagi umat Kristen, kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan. Baca ucapan belasungkawa Kristen selengkapnya di sini.
Fauzan Hanif
Fauzan Hanif - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  18:16 WIB
Ilustrasi ucapan belasungkawa kristen terlengkap - Freepik
Ilustrasi ucapan belasungkawa kristen terlengkap - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam agama dan kepercayaan apapun, kematian adalah hal yang pasti, termasuk bagi mereka yang beragama Kristen.

Tentunya, rasa sedih dan duka mendalam menyelimuti keluarga hingga sahabat terdekat. Ucapan belasungkawa Kristen pun diutarakan mereka yang ditinggalkan. 

Kematian dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun demikian, bagi umat Kristiani. kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan. Ini karena Alkitab telah menyatakan bahwa bagi mereka yang percaya, mereka akan bertemu di rumah Bapa di Surga.

Oleh karena itu, memberikan ucapan belasungkawa untuk orang Kristen sama artinya dengan memberikan dukungan moral. Sehingga, keluarga yang ditinggalkan bisa lebih tabah dalam menerima takdir kematian. 

Untuk itulah, Bisnis menyajikan 35 ucapan belasungkawa Kristen singkat tapi penuh makna. Ucapkanlah dengan tulus, karena dengan begitu Anda telah bersikap suportif sekaligus merangkul mereka. 

Berikut ucapan belasungkawa Kristen dan diiringi doa terbaik penuh makna: 

  1. Kami sekeluarga turut berdukacita atas kepergian (nama orang yang meninggal). Kiranya keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan oleh Tuhan Maha Kasih.
  2. Bapa jauh lebih paham apa yang kita butuhkan. Bapa juga tahu apa yang terbaik. Maka, kami sangat yakin, bahwa Ia pasti menyediakan kediaman yang kekal untuk (nama mendiang) di Surga. 
  3. Kamu tidak sendiri melewati kesulitan ini. Ada kami, dan terpenting lagi, ada Tuhan yang senantiasa menggenggam tanganmu erat di saat kamu sedang terpuruk. Turut berduka cita atas musibah yang dialami. Semoga badai ini cepat berlalu.
  4. Setiap yang datang akan kembali. Tuhan memiliki rencana terbaik untuk semuanya. Semoga (nama mendiang) damai dalam surga Bapa. Tuhan akan memelukmu dengan penuh kasih.
  5. (Nama mendiang) adalah orang baik yang berhak memperoleh tempat terbaik pula di Surga. Percayalah, kini ia sudah bersama Tuhan Yesus, di tempat paling bahagia, di mana tidak ada ratap dan kertak gigi.
  6. Meskipun rumahmu telah berbalut tanah, namun kebaikanmu selama hidup akan membuatmu terus bernafas dalam hati dan jiwa kami. Selamat jalan sahabatku, terima kasih telah mewarnai hidup kami dengan kegembiraan.
  7. Tuhan tahu mana manusia yang berperilaku baik dan mana manusia yang berperilaku buruk. Kembalinya (nama mendiang) karena dia merupakan orang baik. Semoga dosa-dosa almarhum diampuni dan semoga almarhum tenang di sisi-Nya.
  8. Turut berduka cita dari kami sekeluarga. Bersabarlah, karena air mata kita akan terhapus. Rasa sakit kita akan hilang. Tidak akan ada lagi kesedihan, karena Bapa di Surga telah menjanjikan yang terbaik bagi (nama mendiang).
  9. Tuhan sangat peduli dengan kita. Sama seperti kita peduli ketika kini (nama mendiang) telah damai di Surga, Tuhan jauh lebih peduli. Maka dalam duka ini, tetaplah teguh dan bersabar. 
  10. Saat beban dalam jiwa tak bisa teruraikan, maka hanya air mata yang menunjukkan semua. Selamat jalan, sahabat. Doa kami menyertaimu. Semoga engkau selalu bahagia di dalam surga-Nya yang indah.
  11. Menangislah untuk saat ini. Jangan pernah malu dengan air matamu. Tuhan membuat emosi kita dan itu penting. Tapi tetaplah tegar, karena kini Bapa telah menemani perjalanan (nama mendiang) dalam damai, menuju Surga-Nya. 
  12. Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar (nama mendiang) tenang di sisi-Nya.

Ucapan belasungkawa Kristen singkat nan bijak

  1. Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepergian (nama mendiang). Semoga ia tenang di sisi-Nya dan mendapatkan tempat terindah di surga Bapa.
  2. Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian adalah awal dari kehidupan yang abadi. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama mendiang). Semoga Tuhan menempatkannya di tempat terbaik.
  3. Aku berdoa supaya Allah Bapa menyembuhkan hatimu yang hancur dan membawamu dalam kedamaian di waktu-waktu yang menyedihkan ini.
  4. Selamat jalan sahabatku, selamat kembali ke surga Bapa yang damai. Segala kebaikan dan kemurahan hatimu akan menjadi pohon yang berbuah lebat. Doa kami menuntun jalanmu.
  5. Ikhlaslah karena kematian adalah jalan menuju rumah Bapa. Kelak, kita semua pun akan bersama dalam rumah idaman di surga yang baka.
  6. Tuhan memberi, Tuhan pula yang mengambil. Selamat jalan ke surga Bapa, saudaraku. Segala teladan iman Kristiani akan selalu kami wariskan ke anak-anak cucu kita kelak.
  7. Bapa di Surga lebih mengenalmu dan tahu apa yang terbaik bagimu. Ia telah menyediakan kediaman yang kekal di Surga.
  8. Selamat jalan. Tuhan menyayangimu, maka Ia angkat segala deritamu. Semoga segala kebaikan dan iman akan menyertai jalanmu menuju Surga yang terang.
  9. Engkau telah berpulang sahabatku. Tinggallah bersama Kristus dengan damai. Selamat jalan dalam tidur panjang, dalam pelukan Yesus yang hangat.
  10. Kami sangat terpukul mendengar berita duka ini. Kami yakin sekarang (nama orang yang meninggal) sudah tenang, karena semua penyakitnya sudah diangkat.
  11. Surga mendapatkan malaikat baru. (Nama mendiang) adalah malaikat baru itu. Kini, ia telah bahagia di sana. Turut berdukacita dari kami sekeluarga.
  12. Selamat jalan sahabatku, selamat kembali ke surga Bapa yang damai. Segala kebaikan dan kemurahan hatimu akan menjadi pohon yang berbuah lebat. Doa kami menuntun jalanmu.
  13. Tuhan Yesus lebih sayang (nama orang) maka dijemputnyalah dia pulang terlebih dulu. Kita akan bertemu lagi bersama-sama denganya di negeri seberang pelangi.
  14. Bersabarlah dalam kesesakan. Bertekunlah dalam doamu. Tenanglah, sebab (nama mendiang) telah tidur dalam pelukan kasih Bapa di Surga
  15. Tuhan telah memanggil (nama mendiang) pulang. Dia begitu mencintainya, Dia tidak ingin ia terus menderita dalam sakit. Jadi, bersabarlah dalam dukamu ini.
  16. Percayalah kepada Bapa dengan segenap hatimu. Janganlah berputus asa; karena Bapa telah menyediakan tempat terbaik bagi (nama mendiang) di Surga. 
  17. Kamu mungkin tidak merasakannya setiap hari, tetapi saya yakin, kamu pasti bisa melewati ini. Bapa akan merangkulmu, sama seperti Ia yang merangkul (nama mendiang) di Surga kini. 

Ucapan belasungkawa Kristen dengan ayat
 

  1. Bersabarlah, karena nyatanya Allah selalu ada di sisimu. Seperti kata Mazmur 34:18: “Tuhan dekat dengan orang yang patah hati, dan menyelamatkan mereka yang remuk jiwanya.”
  1. Jika Hari kemarin adalah hujan, maka hari esok Tuhan menjanjikan sebuah kebahagian di atas tanah yang dihujani-Nya. Sesuai ayat di Filipi 4:13: “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Percayalah, ada kekuatan dari Allah yang buat kita sanggup melewati semua ini.
  2. Sesuai Ulangan 31:6 “Dalam kesedihanmu pun, Tuhan Yesus akan selalu menyertai.” Ingat bahwa Tuhan tidak akan meninggalkanmu sendirian. 
  3. Ingatlah, jangan sampai kesedihanmu larut terus menerus. Tetaplah ambil bagianmu, seperti dalam Matius 28:20: 'Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.' Karena sahabat kita yang telah pergi, kini telah menjalankan bagiannya.
  4. Turut berduka cita atas kepergian (nama mendiang). Saya akan selalu menemanimu kawan, seperti kata Allah dalam Yesaya 41:10: “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau. Janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu. Aku akan meneguhkan bahkan akan menolong engkau. Aku Akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” 
  5. Tetaplah kamu tenang dalam duka ini, karena Allah telah bersabda dalam Wahyu 21:4: “Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau duka cita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ucapan Belasungkawa Ucapan Belasungkawa Kristen Ucapan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

back to top To top