Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Analisis BMKG soal Penyebab Gempa Bumi M 5,3 di Pacitan

BMKG menyampaikan analisis terkait penyebab gempa bumi magnitudo 5,3 yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (12/6/2022) pagi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 12 Juni 2022  |  14:31 WIB
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofosika (BMKG) menjelaskan terkait penyebab gempa magnitudo 5,3 yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (12/6/2022) pagi.

Mengutip keterangan resminya BMKG dalam akun media sosialnya, Minggu (12/6/2022) disebutkan gempa terjadi pada pukul 06.55 WIB di iwlayah Pantai Selatan Tenggalek, Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis BMKG gempat tektonik itu memiliki parameter dengan magnitudo 5,2.

Adapun, episenter gempa bumi terletak di koordinat 8,60° LS ; 111,41° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 Km arah Selatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur pada kedalaman 103 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa di Zona Benioff," tulis BMKG melalui akun Twitter resmi @InfoHumasBMKG, Minggu (12/6/2022).

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser oblique atau strike-slip oblique.

Gempa bumi tersebut berdampak & dirasakan di daerah Kulon Progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan, Cilacap, Karangkates, Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Klaten & Karanganyar dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalma rumah.

Untuk daerah Lumajang, Madiun dan Kepanjen dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG gempa bumi pacitan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

back to top To top