Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Sanken Luncurkan Pemanas Air Hemat Energi

BISNIS.COM, JAKARTA--Bagi Anda yang sering mandi dengan air panas di rumah, kini ada pemanas air (water heater) yang hemat energi, yang memanfaatkan tenaga matahari system indirect, dengan teknologi terbaru.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 19 April 2013  |  14:05 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Bagi Anda yang sering mandi dengan air panas di rumah, kini ada pemanas air (water heater) yang hemat energi, yang memanfaatkan tenaga matahari system indirect, dengan teknologi terbaru.

Salah satunya produsen elektronik Sanken, yang memperkenalkan pemanas air Sanken Digital Solar Water Heater (SWH) Solarex Flatium. Produk ini menggunakan Blue titanium selective coating absorber (Germany Bluetex), yang membuat efisiensi penyerapan ultra violet dari matahari lebih tinggi.

"Selisih efisiensi ini mengakibatkan suhu air panas maksimal, yang bisa dihasilkan SWH Solarex Flatinum 25% lebih tinggi, dibandingkan dengan merek lain," kata Teddy Tjan, Direktur Marketing PT Istana Argo Kencana yang memasarkan Sanken SWH Solarex Flatium, hari ini di sela-sela pameran Renovation & Construction Expo 2013 di Jakarta Convention Center, Jumat (19/4/2013).

Dia menuturkan Solarex Flatium menerapkan teknologi terbaru, yang merupakan penyempurnaan dari teknologi lama dari collectornya (dari model tabung ke model flat).

Kelebihan dari Solarex Flatium ini, ujar Teddy, adalah menggunakan system indirect double tank. Artinya produk ini terdiri dari dua tangki, yaitu tangki yang berisi air aquades untuk sirkulasi di unit, dan tangki yang berisi air panas untuk pencampuran air mandi.

"Dengan menggunakan air aquades, pipa kuning collector tidak tertutup oleh kerak, sehingga penghantaran panas akan senantiasa lancar," ungkapnya.

Kelebihan lainnya dari Solarex Flatium ini, lanjutnya, seperti tangki di dalamnya (inner tank) yang menggunakan lapisan enamel, sehingga tahan terhadap suhu yang tinggi dan perubahan suhu yang ekstrim dari panas ke dingin, serta tidak berkarat.

"Kaca kolektor menggunakan kaca prismatic dengan banyak segi pantulan, sehingga membantu efektivitas penyerapan sinar matahari di permukaan collector," ujarnya.

Produk berteknologi Jerman yang baru diluncurkan awal 2013 ini, kata Teddy, sudah dipakai oleh sejumlah hotel, dan terjadi penghematan biaya yang cukup signifikan.

"Misalnya di Hotel Wirton Bandung. Sebelum memakai Solarex Flatium, manajemennya mengeluarkan dana sebesar Rp25 juta per bulan untuk beli solar yang dipakai sebagai pemanas air mandi. Sekarang cuma butuh dana Rp5 juta sebulan. Jadi ada penghematan sampai 80%," ungkapnya.(foto:Rahmayulis Saleh/Bisnis Indonesia/msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri pemanas air sanken

Sumber : Rahmayulis Saleh

Editor : Martin Sihombing

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top