Indonesia National Shipowners Association (INSA) langsung melakukan konsolidasi internal untuk merespons rencana pemerintah menaikkan biaya sandar kapal dan jasa kepelabuhanan.
Sejumlah persoalan yang memengaruhi daya saing pelayaran yakni perpajakan yang membuat perusahaan pelayaran terkena PPN BBM yang tidak lazim dalam praktik internasional.
Indonesian National Shipowners' Association (INSA) menilai jumlah kapal penumpang sudah over supply, sehingga adanya investasi asing bisa berisiko merugikan industri.
INSA menyebut target Presiden Jokowi soal transportasi dan logistik terlalu ambisius, tetapi realistis karena dibutuhkan untuk mengerek kinerja perekonomian.
INSA mengapresiasi kinerja pemerintah yang dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur kendati pelaku usaha masih membutuhkan dukungan pembiayaan.
Ketua Umum Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) Aulia Febri mengusulkan operator pelabuhan tetap konsisten menjaga dan mempertahankan level pelayanannya, supaya…
Indonesia National Shipowners Association (INSA) mengaku masih menantikan relaksasi biaya di pelabuhan untuk meringankan beban akibat pandemi Covid-19.
Sebagai pintu gerbang masuk ke kawasan Asia Tenggara, resesi Singapura ini tentu berdampak cukup signifikan pada negara tetangganya, seperti Indonesia.