Hyundai bersama LG Energy telah meresmikan pabrik sel baterai, bisa memproduksi baterai lokal. Hanya saja kebanyakan mobil listrik dari China menggunakan LFP.
Pabrikan otomotif mengembangkan baterai solid-state untuk mobil listrik. Baterai ini disebut lebih berdaya tahan, serta bisa menunjang jarak lebih jauh.
Bahlil Lahadalia membeberkan progres investasi para raksasa di bidang baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang menanamkan modal jumbo di RI.
Kehadiran Lithium Ferro Phosphate atau LFP dan pengembangan Solid-State Battery untuk mobil listrik mengancam keberadaan nikel sebagai bahan baku utama.
Berbagai perusahaan mulai dari CATL, Toyota, hingga LG turut mengembangkan teknologi baterai solid atau solid battery yang dinilai lebih berdaya tahan.
Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN mengungkapkan kesiapan untuk kolaborasi termasuk dengan CATL guna mendongkrak ekosistem kendaraan listrik.
Toyota menggandeng CATL untuk membangun pabrik baterai di Indonesia. Basis produksi itu tidak saja melayani Toyota dan Indonesia, melainkan pasar Asia.