Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Lagi Viral di Media Sosial, Ini Keuntungan Nikah di KUA

Di media sosial Twitter muncul trending topic "Nikah di KUA". Apa saja sih keuntungan nikah di KUA?
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 02 Februari 2023  |  15:28 WIB
Kementerian Agama mengganti buku nikah menjadi kartu nikah berkode QR. - Istimewa
Kementerian Agama mengganti buku nikah menjadi kartu nikah berkode QR. - Istimewa

Lagi Viral di Media Sosial, Ini Keuntungan Nikah di KUA

Keuntungan Nikah di KUA

1. Gratis

Melangsungkan pernikahan di KUA sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Syaratnya, akad nikah dilangsungkan saat jam dan hari kerja.

Hal ini berbeda dengan prosesi akad nikah yang digelar di luar KUA. Ada biaya Rp600 ribu yang akan masuk ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian Agama.

2. Khusyuk

Akad nikah di KUA bisa digelar dengan nuansa yang lebih khusyuk. Pasalnya, nikah di KUA hanya bisa dihadiri oleh beberapa orang.

Opsi nikah di KUA cocok untuk mempelai yang menginginkan suasana akad intim dan tak perlu dihadiri banyak orang. Maklum saja, kehadiran banyak tamu bisa meningkatkan grogi ketika melafalkan akad di depan penghulu.

3. Hemat

Selain tak perlu membayar biaya pernikahan, nikah di KUA juga tak perlu repot-repot menyiapkan banyak hal seperti konsumsi mewah.

Cukup air mineral dan snack kotakan saja untuk diberikan kepada tamu atau petugas KUA yang datang. Selain itu, tak perlu juga memikirkan biaya dekorasi.

4. Ringkas

Pernikahan yang sederhana menjadi tren yang banyak digemari. Menikah di KUA memberikan opsi untuk persiapan pernikahan yang lebih ringkas.

Mempelai hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan pernikahan. Nikah di KUA juga lebih mempererat ikatan antara kedua belah keluarga.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nikah kua pernikahan menikah twitter
Editor : Taufan Bara Mukti

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top