Dengan semakin banyaknya jumlah pengaduan konsumen dan masyarakat, OJK menempatkan pengawasan market conduct sebagai salah satu program prioritas yang harus diperkuat.
Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara dalam Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Pengawasan Market…
Kementerian Perdagangan menemukan sebagian besar depot air minum (DAM) tak memenuhi standar higienitas. Terdapat indikasi pelanggaran terkait perlindungan konsumen.
Perlu adanya koordinasi dan konsolidasi antar lembaga pemerintah dan non-pemerintah dalam menangani perlindungan data pribadi dan perlindungan konsumen.
Saat ini gugatan konsumen terhadap produsen otomotif jamak terjadi. Namun ada hal penting yang harus dilakukan agar gugatan tidak melayang dengan sia-sia.
Standar ini mengadopsi pendekatan proses untuk menetapkan, menerapkan, operasi, pemantauan, pengkajian, memelihara, dan meningkatkan keamanan informasi pada perusahaan.
Pemerintah melalui Keputusan Presiden No. 13/2012, memutuskan setiap tanggal 20 April diperingati sebagai “Hari Konsumen Nasional” atau Harkonas. Keputusan tersebut…
Penguatan perlindungan konsumen merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh otoritas dan regulator terkait, sehingga diperlukan sinergi antar kementerian dan lembaga guna…
Indeks Keberdayaan Konsumen dikelompokkan dalam lima tingkatan di antaranya adalah sadar, paham, mampu dan kritis. Berdasarkan analisis, indeks ini mengalami perkembangan.
Presiden Amerika Sereikat John F. Kennedy mengirimkan pesan spesial ke Kongres AS Pada 15 Maret 1962. Isi dari pesan itu, dia mengingatkan hal yang terlihat remeh tetapi…
Perlindungan dan pemenuhan hak-hak konsumen sejatinya menjadi bagian integral dalam dinamika bisnis dan menjadi ukuran tingkat kesehatan sebuah industri. Apalagi era digital…
Isu fundamental dalam perlindungan konsumen salah satunya terkait industri pengolahan pangan. Sebagai sektor penyedia kebutuhan primer masyarakat, seluruh produk makanan…
Perlindungan terhadap hak-hak konsumen di tiap-tiap negara diterapkan beragam tetapi rata-rata diatur dalam regulasi yang memadai. Sebagai contoh di kawasan Asean, seperti…
Setiap tahunnya, hak konsumen diperingati sebagai bentuk penghormatan terhadap pihak yang juga kerap disebut sebagai pengguna, klien, nasabah, ataupun pelanggan ini.