Krisis cip semikonduktor menjadi pangkal kerugian pabrikan mobil pada tahun ini. Gangguan rantai pasok yang melanda seluruh dunia ini, telah menghambat produktivitas.
Masalah krisis cip ini tak hanya melanda Honda saja, namun pesaing terberatnya, Toyota Motor co. juga mengalami hal serupa. Masih dari sumber yang sama, Toyota dikabarkan…
Krisis semikonduktor membuat para pengusaha elektronik kesulitan dalam memesan cip dalam jumlah besar. Biasanya, pabrikan bisa memesan 1 juta STB dalam 1-3 bulan, sedangkan…
Pada mobil, kebutuhan cip semikonduktor ditentukan oleh penggunaan teknologi. Semakin canggih fitur yang disematkan, kebutuhan cip akan semakin banyak, sehingga potensi dampak…
Namun pada 1985, kedua perusahaan tersebut hengkang keluar dari Indonesia yang berakibat sejak saat itu Indonesia menjadi negara mayoritas pengimpor komponen cip semikonduktor.
Kekurangan bahan dan komponen, ditambah dengan kemacetan jalur logistik kereta, kapal dan pesawat, telah memaksa pembuat mobil global dari Toyota hingga Volkswagen AG untuk…
Malaysia secara historis tidak memiliki kepentingan yang sama dalam rantai pasokan teknologi seperti yang dilakukan Taiwan, Korea Selatan, atau Jepang. Namun dalam beberapa…
Toyota mengatakan penyesuaian akan dilakukan pada operasi produksi pabrik untuk kendaraan yang telah selesai di Jepang karena kekurangan suku cadang akibat penyebaran Covid…
Barometer perdagangan barang WTO pada Juli 2021 mencapai angka 110,4, di atas angka tren 100, tertinggi sejak indikator pertama kali dirilis pada Juli 2016, dan naik lebih…
Mercedes-Benz Indonesia memastikan produk completely knock-down (CKD) atau yang dirakit secara lokal tidak mengalami gangguan akibat krisis cip semikonduktor.
Toyota sendiri diketahui menjadi merek mobil yang paling laris pada Mei 2021 dalam penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) dan retail sales (dari dealer ke konsumen).