Kemlu dan KBRI Beijing melakukan pendekatan intensif terhadap perusahaan pemilik kapal dan Pemerintah China agar mengupayakan repatriasi melalui jalur laut ke pelabuhan di…
Sejumlah kasus pelanggaran HAM terhadap awak kapal Indonesia banyak terjadi akibat proses atau tahapan awal di dalam negeri dalam keseluruhan rangkaian proses penempatan…
Kemenko Marves membeberkan penyebab perlindungan awak kapal Indonesia yang masih lemah kendati merupakan penyuplai pekerja perikanan terbesar di dunia.
Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hermanta mengatakan hal ini sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak atas pelaut yang meninggal dunia sesuai amanat Peraturan Pemerintah…
Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran No. 2 Tahun 2021 tentang lanjutan pedoman rencana tanggap darurat (contingency plan) untuk pelaut, pemilik/operator kapal dan lembaga…
Dua orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang sempat disandera oleh kelompok separatis Libya pada awal September 2020 lalu, berhasil dipulangkan ke Indonesia.
Selama Januari - Desember 2020, terdapat 692 ABK WNI tercatat mengalami permasalahan pada 115 kapal perikanan milik perusahaan atau warga negara China.
Kapal tersebut ditahan oleh otoritas di wilayah Chabahar, Provinsi Sistan-Balochistan karena masalah perizinan operasional selama kurang lebih empat bulan.