Upaya TikTok untuk menguasai pasar Asean mendapat perhatian dari media asing. TikTok dinilai masih tertinggal dari pesaing di RI, unggul di jumlah pengguna.
Pedagang pasar Tanah Abang mengeluh. Pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara yang dahulunya ramain itu, kini sangat sepi, tergerus oleh e-commerce TikTok Cs.
E-commerce sedikit khawatir larangan penjualan produk impor dibawah US$100 atau Rp1,5 juta di platform online e-commerce mengganggu suplai dan permintaan.
Momentum Works memperkirakan pangsa pasar TikTok meningkat pesat pada 2023 menjad 13,2 persen dari 4,4 persen. TikTok jadi ancaman bagi Tokopedia dan Lazada.
Shopee berusaha memperkuat posisi di pasar di Asean. Kompetitor Tokopedia itu telah meningkatkan biaya pemasaran, pertanda strategi bakar uang masih berjalan.
Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencatatkan penurunan jumlah pengguna pada semester I/2023, tetapi dengan nilai transaksi yang naik.