Pemerintah berdalih mandeknya program biofuel sebagai substitusi BBM, karena selisih harga yang sebelumnya cukup tinggi, terutama antara biodiesel dan solar.
Kementerian ESDM menilai untuk mengikis emisi karbon sektor otomotif, Indonesia tidak sekadar bertumpu pada BEV, melainkan pula pengembangan energi nabati.
Pemanfaatan biofuel dapat, menghasilkan lebih sedikit emisi gas rumah kaca, memberi nilai tambah bagi industri pertanian mengurangi bahan bakar impor, dan menghemat devisa…
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memaparkan penyerapan bahan bakar nabati atau biofuel hingga akhir tahun ini diperkirakan melebihi target 9,2 juta kiloliter.
PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba penggunaan Bioavtur dengan campuran 2,4 persen biofuel pada pesawat CN 235-220 Flying Test Bed untuk meningkatkan penggunaan energi…
PTBA akan memaksimalkan potensi yang ada di internal perseroan saat ini. Lahan-lahan bekas tambang dengan luas tanah yang besar juga akan dioptimalkan untuk pengembangan…
Untuk mengurangi emisi karbon dan impor bahan bakar fosil, pemerintah mendorong peningkatan konsumsi bahan bakar nabati, terutama berbasis minyak sawit. Akan tetapi, alternatif…
Pasar ekspor masih mendominasi serapan CPO yakni sebesar 68 persen, sedangkan pasar domestik menyerap sebesar 32 persen untuk kebutuhan biodiesel, minyak goreng, dan margarin.
Pelaksanaan program mandatori campuran 30 persen biodiesel dalam minyak solar (B30) kini juga menghadapi tantangan seiring dengan anjloknya harga minyak bumi.
Pandemi Covid-19 tidak menghalangi industri biodiesel untuk meningkatkan performa produksi pada tahun ini. Walaupun diramalkan tidak akan mencapai target awal 2020, pabrikan…