Fungsi utama penarikan cukai adalah sebagai cara negara untuk mengontrol peredaran komoditas, bukan sebagai prioritas negara dalam rangka meningkatkan pendapatan.
Produsen minuman dan makanan berpemanis PT Kino Indonesia Tbk. (KINO) menilai rencana kebijakan pengenaan cukai terhadap produk berpemanis dalam kemasan belum tepat. Khususnya,…
Bisnis, JAKARTA — Aksi invasi yang dilancarkan Rusia ke Ukraina diprediksi dapat mendorong kenaikan harga bahan baku gandum yang harus diimpor dari kedua negara yang tengah…
PT United Family Food (Unifam) prinsipal perusahaan makanan dan minuman lokal Indonesia mengklaim kinerja positif untuk pertumbuhan penjualan di masa pandemi.
Brilianpreneur 2020 atau pameran industri kreatif UMKM Expo yang diselenggarakan oleh Bank BRI merilis pemenang The Best UMKM Expo dengan transaksi penjualan tertinggi yakni…
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman memaparkan sejumlah strategi bagi industri kecil menengah (IKM) yang tengah bergelut dengan…
Kementerian Perindustrian menginisiasi program Indonesia Food Innovation (IFI) bagi industri kecil dan menengah (IKM) pangan dengan melibatkan akademisi, praktisi, dan industri…
Pelaku industri rantai pendingin membutuhkan investasi baru guna memenuhi permintaan pasar untuk produk frozen food yang kini naik pesat akibat pandemi Covid-19.
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, Sulawesi Utara, mengeluarkan 20 izin edar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19.
DSM Nutritional Product mencatat bahwa terdapat total sekitar US$3 triliun yang dapat diraih oleh perusahaan-perusahaan makanan dan minuman dengan menyediakan produk-produk…
Produsen makanan olahan berbasis udang dan ikan PT Central Pertiwi Bahari (CPB) berencana akan menambah 7 varian produk baru pada tahun depan sejalan dengan target penjualan…
Anggota Komisi IX DPR Roberth Rouw meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pengawasan peredaran makanan yang mengandung bahan berbahaya hingga ke pelosok…
Pendapatan per kapita (GDP) yang saat ini pada kisaran US$3.500 dinilai sebagai patokan yang tepat bagi masyarakat untuk merambah bisnis food service di Indonesia.