Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Cek Fakta, Presiden Jokowi Berpidato dalam Bahasa Mandarin

Cek faktak benarkah Presiden Jokowi berpidato menggunakan bahasa Mandarin?
Rendi Mahendra
Rendi Mahendra - Bisnis.com 26 Oktober 2023  |  19:43 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dok BPMI Setpres
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dok BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar video yang menampilkan seolah-olah Presiden RI Joko Widodo berpeidato dalam bahasa Mandarin, benarkah?

Video berdurasi 1 menit 20 detik tersebut diunggah kanal YouTube Venny Sariyanti, Rabu (25/10), menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dengan menggunakan bahasa Mandarin dengan judul 'PRESIDENT INDONESIA K 7 PIDATO BAHASA MANDARIN'.

Namun berdasarkan Turnbackhoax, video tersebut merupakan hoaks alias tidak benar. Adapun video aslinya, Presiden Jokowi berpidato menggunakan bahasa Inggris.

"Video editan. Pada video asli, Presiden Jokowi berpidato dalam bahasa Inggris. Pidato ini disampaikan pada 26 Oktober 2015 pada saat acara jamuan makan malam yang diadakan oleh United States – Indonesia Society (USINDO) di Amerika Serikat," tulis laman Turnbackhoax.

Sementara video asli diunggah kanal The U.S. – Indonesia Society (USINDO) pada 13 November 2015 dengan judul “Oct. 26, 2015 – President Jokowi Delivers Speech at Gala Hosted by USINDO, US Chamber, and USABC” dengan durasi  7 menit 2 detik.

“Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan Presiden Jokowi berpidato dengan menggunakan bahasa Mandarin merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, video itu merupakan video editan. Pada video asli, Presiden Jokowi berpidato dalam bahasa Inggris. Pidato ini disampaikan pada 26 Oktober 2015 pada saat acara jamuan makan malam yang diadakan oleh United States – Indonesia Society (USINDO) di Amerika Serikat,” tulis laman urnbackhoax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Presiden Joko Widodo
Editor : Rendi Mahendra

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top