Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Arsjad Rasjid Ingin Pilpres 2024 Wujudkan Politik Asyik

Arsjad Rasjid mengatakan keterlibatan anak muda dalam Pilpres 2024 menjadi penting.
Ithamar Yaomi D C
Ithamar Yaomi D C - Bisnis.com 23 Oktober 2023  |  14:49 WIB
Ketum TPN GP, Arsjad Rasjid di Media Center tim pemenangan Ganjar di Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2023).  -  Bisnis/Anshary Madya Sukma
Ketum TPN GP, Arsjad Rasjid di Media Center tim pemenangan Ganjar di Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2023). - Bisnis/Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Kampanye Pemilihan Presiden 2024 yang sejuk dan positif menjadi ajang edukasi politik bagi generasi muda.

Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP), Arsjad Rasjid mengatakan keterlibatan anak muda dalam Pilpres 2024 menjadi penting.

Pasalnya, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), mayoritas pemilih Pemilu 2024 didominasi oleh anak muda, dengan perolehan persentase 33% milenial, 28% Gen X, dan 23% Gen Z.

“Penting itu. Bikinlah politik yang asyik-asyik, jangan sampai ada polarisasi. Kalau ada yang begitu [polarisasi] yuk kita ketok,” ujar Arsjad, di podcast Ngeklik, Sabtu (21/10/2023).

Untuk itu, salah satu pendekatan yang dilakukan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam pilpres mendatang, ialah dengan mengajak anak muda untuk menjadi juru kampanye.

“Untungnya mas Ganjar [Pranowo] juga punya anak [yang masih muda], beliau jadi ngerti tuh dunianya Alam [Muhammad Zinedine Alam Ganjar] gimana. Dengan demikian, mas Ganjar tahu nih keinginan anak muda, kegelisahan anak muda,” ujarnya.

Di sisi lain, merujuk Survei Pemilih Muda dan Pemilu 2024 dari CSIS, minat anak muda untuk ikut dalam partai politik sangat rendah. Tercatat, hanya 1,1% anak muda yang saat ini bergabung dengan partai politik. Di sisi lain, persentase anak muda yang ikut dalam organisasi kepemudaan cukup besar, yakni 21,6%.

Sementara itu, hanya 14,6% anak muda yang memiliki keinginan untuk mencalonkan sebagai anggota DPR/DPRD. Kemudian, 14,1% anak muda ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Adapun, 84,7% anak muda tidak memiliki keinginan mencalonkan diri sebagai anggota DPR/DPRD. Ada pula 85,2% anak muda yang tidak ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Sebagai informasi, CSIS menggelar survei ini dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17-39 tahun di Indonesia pada 8-13 Agustus 2022. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,84% dengan tingkat kepercayaan 95%. 

Sebelumnya, Ganjar mengajak anak muda untuk terjun langsung ke dunia politik dengan cara menjadi teman diskusinya mengenai isu-isu yang sedang tren saat ini.

“Tolong kasih masukan ke kami tentang banyak hal yang anak muda inginkan. Saya akan berikan ruang luar biasa besar pada kalian,” ujar Ganjar Pranowo, seperti dikutip dari Antara, Senin (23/10/2023).

Ganjar juga mengajak anak muda untuk aktif dalam berpolitik. Karena, tuturnya, jika anak muda apatis dalam berpolitik maka mereka akan menyesal karena tidak bisa terlibat dalam pengambilan keputusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

politik Arsjad Rasjid Ganjar Pranowo Pilpres 2024
Editor : David Eka Issetiabudi

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top