Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Viral, Jebolan SMK Kalahkan Lulusan UI Teknik Mesin di Dunia Kerja

Viral di Twitter, lulusan UI teknik mesin mengeluh bahwa ia kalah saing di dunia kerja dengan lulusan SMK.
Rendi Mahendra
Rendi Mahendra - Bisnis.com 29 Mei 2023  |  15:46 WIB
Ilustrasi - Stjamesvw
Ilustrasi - Stjamesvw

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini beredar kabar di media sosial terkait lulusan SMK yang kalahkan lulusan Teknik Mesin dari kampus ternama Universitas Indonesia (UI).

Kabar itu dibagikan akun Twitter @GerryS pada Senin (29/5/2023), berikut isi pesan diduga dari lulusan UI tersebut:

"Bener-bener stress dan gk bisa diterima akal sih, ceritanya saya melamar kerja di PT PAL, saya lulusan UI teknik mesin 2022... Saya beserta teman-teman ada 15 orang tapi dikalahin sama bapak-bapak umur 30 an. Bapaknya juga hanya lulusan STM+sertifikat Welding dan pengalaman kerja di Italia Eropa tepatnya di Fincantieri katanya... Dan yang bikin nyesekk tanpa training dan langsung nego gaji ajaaa.. Gk masuk akal banget lulusan UI kalah sama lulusan STM, walau oke sih bapaknya punya pengalaman kerja di Eropa. Apakah perusahaan sekarang tidak percaya pada sarjana2 di negara sendiri ya,, ini malah bapak2 ijzah cuma STM diterima," tulisnya dari tangkapan layar yang dibagikan @GerryS.

Sementara Gerry menanggapi keluhan diduga lulusan UI itu, menurutnya, dalam dunia kerja bukan soal ijazah, namun soal pengalaman dan sikap juga jadi bahan pertimbangan.

"Ijazah itu penting, tapi pengalaman, pemahaman dan attitude itu JAUH LEBIH PENTING," tulisnya.

Lebih lanjut @GerryS mengatakan, meskipun lulusan SMK tapi bisa lebih unggul di bidang tertentu daripada lulusan teknik mesin UI.

"Kalau saya butuh engineering design and solutions, tentu saya akan lebih consider si lulusan teknis mesin ini, tapi kalau saya butuh hull welder, shift supervisor, atau project troubleshooter, atau project manager, mungkin akan pilih si bapak2 lulusan STM dengan sertifikat welding dari Fincantieri," lanjutnya.

Sementara, kata Gerry, sertifikat Welder tak sembarang bisa diperoleh, ada tahapan tertentu yang harus dilewati yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima lulusan SMK.

"Serifikat Welder itu gak sembarangan. Butuh pengalaman, dan harus uji ulang secara berkala," tulis Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

viral ui smk
Editor : Rendi Mahendra

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top